“Idul Adha tidak hanya perihal menyembelih hewan kurban saja, namun juga semangat berbagi saling mengasihi kepada sesama yang kurang mampu dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ucap Bupati.

Orang nomor satu di Kota Blora itu juga mengajak seluruh jamaah berdoa agar 288 orang jamaah haji Kabupaten Blora yang sedang berada di Tanah Suci bisa lancar dalam menjalankan ibadah dan dapat kembali ke kampung halaman dengan sehat serta memperoleh predikat haji mabrur.

“Semoga tahun ini merupakan haji akbar yang wukufnya bertepatan pada hari Jumat lalu. Semoga semuanya yang sedang berhaji diberikan kesehatan hingga kembali ke Blora. Dan semoga kita yang ada disini kelak bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, aamiin,” ucap  Bupati dalam pengarahannya sebelum shalat Idul Adha.

PMK Segera Usai

Dalam kesempatan ini, Bupati Blora juga mengajak para jamaah berdoa agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang menyerang ternak di Kabupaten Blora bisa segera usai, dan seluruh ternak kambing maupun sapi sehat semuanya.

“Meskipun sedang ada PMK, kita pastikan seluruh hewan kurban kali ini sehat dan lolos pemeriksaan dinas terkait,” tandas Bupati Blora.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan sholat ied adha yang dipimpin oleh KH. Muharror Ali, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten, selaku imam. Sholat ied dilaksanakan sebanyak 2 rakaat. Rekaat pertama diawali tujuh kali takbir, dan rekaat kedua diawali lima kali takbir. Semuanya berjalan lancar dan khidmat.