blank
Pengurus masjid Baitu Hidayatittaqwa Petekeyan dan panitia qurban (Foto: Subekhan)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Salah satu upaya memakmurkan masjid adalah menggelar kegiatan qurban di masjid. Pelaksanaan qurban di masjid Baitu Hidayatittaqwa Petekeyan Tahunan Jepara, 10 Juli 2022 berjalan lancar. Panitia Qurban yang digawangi H. Moh. Alimin, Joyo Suwarno, Makruf, dan Eko Ardiyanto telah mempersiapkan segala kebutuhan pelaksanaan qurban jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Dimulai dengan sosialisasi program qurban, hunting hewan qurban, dan pelaksanaan qurban, serta diakhiri dengan penyaluran daging qurban ke masyarakat.

Makruf dan Eko Ardiyanto, selaku koordinator data telah meng-update data penerima daging qurban dengan baik. Bekerja sama dengan Ketua RT di wilayah desa Petekeyan dan dibantu Irmas ( Ikatan Remaja Masjid) data penerima daging qurban dari masing-masing RT di-update dan diverifikasi dan ditetapkan sebagai data resmi yang akan menerima pembagian daging qurban. Seribu lebih KK menjadi sasaran penerima daging qurban, di samping yatama yang juga menjadi prioritas penyaluran daging qurban.

blank
Panitia qurban sedang membagi daging (Foto: Subekhan)

Dalam rangka akuntabilitas publik dan memberi kepuasan kepada peserta qurban, Ketua panitia menerapkan kebijakan kepada seluruh jajaran panitia tidak boleh membawa sendiri daging yang menjadi haknya guna menghindari kecurigaan, buruk sangka dari siapapun.

” Panitia datang ke lokasi penyembelihan qurban berseragam dan membawa pisau dan alat yang dibutuhkan dan pulang juga demikian.” papar H. Moh. Alimin, selaku Ketua Panitia. Adapun pembagian daging qurban untuk jajaran panitia dan peserta qurban telah dibentuk tim khusus yang bertugas untuk menyerahkan daging qurban disertai tanda tangan bukti penerimaan. Hal tersebut untuk memastikan daging qurban tepat sasaran.

Merebaknya PMK ( penyakit mulut kuku) yang melanda di sebagian hewan akhir-akhir ini cukup membuat was-was panitia. Namun mereka punya trik sendiri untuk mengindari penyakit PMK, yakni dengan mencari hewan qurban langsung dari peternak dan menghindari dari pasar hewan. Ternyata strategi ini sukses sehingga hewan qurban yang akan disembelih bebas dari penyakit PMK.

Panitia mendapat amanah dari jamaah untuk memotong dan menyalurkan hewan qurban dengan jumlah 1 kerbau, 11 sapi, dan 6 ekor kambing. Panitia qurban yang melibatkan Irmas (Ikatan Remaja Masjid), pengurus masjid, dan dibantu Tim KKN dari Undip  Semarang telah siap sejak pagi. Diawali dengan penyerahan hewan qurban secara simbolis yang diwakili Bapak Rahman, petinggi desa Petekeyan dan diterima oleh KH. Musyahid Ikhwani, selaku nadzir masjid dan diserahkan kepada H. Moh. Alimin, selaku ketua Panitia.

Moh. Alimin sangat berterima kasih kepada jajaran panitia. “Salut buat panitia yang kompak, profesional, dan berdedikasi tinggi. Semoga semua bernilai ibadah dan menjadikan masjid lebih syiar di masa mendatang.” ujarnya

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada lapisan masyarakat desa Petekeyan dan sekitarnya yang telah¬† menyerahkan hewan qurban ke panitia. ” Tanpa dukungan masyarakat program syiar qurban di masjid Baitu Hidayattaqwa tak akan berjalan sukses,” sambungnya.

Hadepe – Subekhan