Bawaslu RI melaunching Pendaftaran dan Peluncuran serentak Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 (Foto: Bawaslu).

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bawaslu RI melaunching Pendaftaran dan Peluncuran serentak Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 diluncurkan Bawaslu RI hari ini, Jumat (10/6-2022). Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja memimpin peluncuran ini di Kantor Bawaslu RI dan diikuti oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota seIndonesia melalui daring.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kantor Bawaslu RI dan diikuti oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota seIndonesia melalui daring (Foto: Bawaslu)

Rahmat Bagja menyampaikan penerimaan pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 bernama Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 akan menjadi sarana yang melayani pemantau Pemilu 2024 dalam hubungannya dengan Bawaslu seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Kami menyediakan meja pelayanan untuk konsultasi dan pendaftaran  pemantau pemilu, diharapkan segera melakukan pendaftaran,” kata Bagja.

Ia mengatakan bahwa pendaftaran Pemantau Pemilu Tahun 2024 kepada Bawaslu sesuai dengan perintah perundang-undangan. Melalui meja bantuan hukum Pemantau, pemilih pendaftar dengan mudah memperoleh layanan pendaftaran.

Pada peluncuran ini  organisasi Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) melakukan pendaftaran.

Sementara, Ketua Bawaslu Jepara Suajintoko mengatakan acara launching Meja Pendaftaran Pemantau Pemilu oleh Bawaslu RI secara resmi dimulai. Sehingga mulai hari ini 10 Juni 2022, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota membuka pendaftaran pemantau Pemilu.

Pendaftaran dibuka untuk lembaga berbadan hukum maupun belum berbadan hukum namun terdaftar di Pemerintah melalui Bakesbangpol yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

“Mulai 10 Juni 2022 kami buka pendaftaran Pemantau Pemilu di Bawaslu Jepara,” ujar Sujiantoko.

Bawaslu Jepara telah menyiapkan meja pendaftaran pemantau Pemilu di kantor Bawaslu Jepara Jl. KH. Ahmad Fauzan no. 15 Saripan Jepara pada hari dan jam kerja (Senin-Jum’at, 08.00-16.00 Wib). “Semakin banyak pemantau pemilu akan semakin mendorong pemilu berjalan dengan baik,” pungkas Sujiantoko.

Alvaros