Plh Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Surya Deta Syafrie (kanan) dalam kegiatan Semarak Kata Kreatif 2024 Jawa Tengah di Banyumas. Foto: Humas

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Semarak Kata Kreatif 2024 Tingkat Jawa Tengah digelar di Banyumas, tepatnya di Menara Teratai Purwokerto dan GOR Satria Purwokerto pada 21 – 23 Juni 2024.

Banyumas terpilih sebagai tuan rumah Semarak Kata Kreatif 2024 mengingat kabupaten ini termasuk 5 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Ka Ta Kreatif bersama Kabupaten Sleman, Batang, Kota Makassar dan Pangkalpinang, dimana Banyumas meraih penghargaan kategori Seni Pertunjukan.

Dalam kegiatan Semarak Kata Kreatif 2024 yang mengusung tema “Kata Kreatif Gumregah Masyarakat Sumringah” dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Menara Teratai Kabupaten Banyumas pada Sabtu (22/6/2024).

Menurut Sujarwanto, gelaran Semarak Kata Kreatif menjadi wadah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Berbagai agenda acara digelar seperti gelar produk ekonomi kreatif, dialog ekonomi kreatif, coaching clinic, dan kegiatan menarik lainnya.

Sujarwanto berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku ekonomi kreatif, sebagai sarana menyerap ilmu dan wawasan, maupun sebagai media promosi.

Disampaikan, Jawa Tengah telah memiliki 11 kabupaten/kota yang sudah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Nasional oleh Kemenparekraf, yakni Kabupaten Karanganyar, Wonosobo, Banjarnegara, Rembang, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Kebumen, Batang dan Kabupaten Banyumas.

Diketahui, saat ini setidaknya terdapat 3 sub sektor unggulan ekonomi kreatif di Jawa Tengah, yaitu fashion (40,40%), kuliner (30,01%) dan kriya (15,00%). Namun, untuk sub sektor dengan pertumbuhan tertinggi yaitu pada sub sektor film (15%) dan animasi video (14%).

Untuk rangkaian kegiatan Semarak Kata Kreatif 2024 sendiri dimulai pada Jumat (21/6) yang diawali dengan kunjungan ke industri kreatif dan gala dinner.

Ada juga gelaran special dalam Semarak Kata Kreatif tahun ini, yakni tarian kolosal 10.000 Lengger Bicara Pemecahan Rekor MURI pada Sabtu (22/6) di GOR Satria Purwokerto.

Diketahui, Lengger Banyumas telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019.

Sementara itu Plh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Surya Deta Syafrie menyampaikan, Semarak Kata Kreatif 2024 merupakan langkah awal untuk mewujudkan Jawa Tengah sebagai Provinsi kreatif pertama di Indonesia.

“Diharapkan acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Tengah, dan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif Jawa Tengah,” ujarnya.

Penjabat Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro menambahkan, Kabupaten Banyumas memiliki potensi yang luar biasa dalam sektor ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Kata Kreatif 2023 kategori seni pertunjukan dari Kemenparekraf/Baparekraf.

Ia menyebut, globalisasi menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian. Melalui kegiatan ini, Banyumas dapat mengenalkan potensi ekonomi kreatif dan mewujudkan Banyumas sebagai daerah yang aman, nyaman, dan kondusif.

Ning S