STY Resmi Umumkan Perpanjang Kontrak dengan Indonesia

SUARABARU – Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, resmi mengumumkan perpanjangan kontraknya dengan Indonesia yang dirumorkan akan berlangsung hingga 2027.

“Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar Tim Nasional Indonesia semakin maju, berprestasi, dan mendunia,” tulis Shin Tae-yong di laman resmi media sosialnya, Jumat.

Shin Tae-yong, yang menggantikan Simon McMenemy sebagai juru taktik skuad Garuda pada 28 Desember 2019, awalnya diberi kontrak jangka panjang selama empat tahun.

Meskipun sempat menghadapi hasil yang kurang memuaskan dengan tersingkir di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, mantan pelatih Korea Selatan tersebut perlahan-lahan menunjukkan hasil yang signifikan melalui racikan tangan dinginnya.

Shin Tae-yong berhasil membawa skuad Garuda untuk pertama kalinya tampil di Piala Asia 2023 setelah absen selama 16 tahun.

Ia juga memimpin Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tanpa mengalami “demam panggung.”

Selain itu, pelatih berusia 54 tahun tersebut membawa skuad Garuda Muda menjadi semifinalis untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia U-23 2024, meskipun kemudian gagal mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Shin Tae-yong juga sukses mengangkat peringkat Indonesia ke posisi 134 dalam ranking FIFA, yang merupakan peringkat tertinggi sejak ia menangani timnas.

Selama menjadi juru taktik timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memimpin 33 pertandingan dengan mencatatkan 17 kemenangan, delapan hasil seri, dan delapan kekalahan, dengan persentase kemenangan sebesar 51,52 persen.

Perpanjangan kontrak ini diharapkan dapat membawa Tim Nasional Indonesia meraih lebih banyak prestasi di masa depan.

wp