Atraksi hipnotis oleh Magis Dodie. Foto: Dok Masruri

MENURUT pengalaman saya, ada tiga metode memengaruhi batin bawah sadar orang lain, dan  metode ini oleh kalangan awam dianggap sama sebagai hipnotis. Padahal sebenarnya ada dua metode  yang serupa walau tidak  sama.

Yang pertama adalah hipnotis modern yang  murni memanfaatkan kekuatan sugesti ketika seseorang dalam keadaan trans atau terbukanya filter pikiran bawah sadarnya karena target tidak menyadari berhasil diarahkan untuk fokus, rileks, kaget, emosional, atau kombinasi dari hal itu.

Sehingga secara natural dan ilmiah, gelombang otak menurun dan filter pikiran kurang aktif sehingga mudah dipengaruhi kata-kata dari luar. Hipnotis modern, ini walaupun terlihat sangat dramatis, tetapi masih murni efek psikologis akibat sugesti yang diberikan praktisi hipnotis.

Yang kedua, magnetisme. Baik itu magnetisme modern atau pun magnetisme kuno. Meski sekilas ada kesamaan dengan hipnotis, namun dalam magnetisme, praktisi tidak hanya mengandalkan komunikasi saja,  namun menyisipkan energi ke batin bawah sadar target yang berfungsi sebagai media mempengaruhi target menjadi  lebih kuat.

Baca juga Ilmu untuk Menghilang 

Jika hipnotis modern pengaruhnya masih mudah lepas jika sugesti bertentangan dengan setandar nilai-nilai, maka dalam magnetisme, pengaruh praktisi itu lebih kuat dan sulit dilepas.