blank
Seorang pekerja sedang mengolah jamur untuk dibuat jamur goreng krispi di Wisata Edukasi Jamur Borobudur. Fto: Widiyartono R.

Mengolah Jamur

Beberapa perempuan tampak menggoreng jamur yang sudah berlumur tepung, menggunakan wajan yang besar. Produk olahan jamur berupa keripik jamur tiram, kerupuk jamur, jamur kuping krispi, dan yang lain.

Baca juga Wisata Pakai Mobil Camat VW Safari di Borobudur, Merasakan Sensasi Terapi Sengat Lebah di Tanjungsari

Seperti halnya di pengolahan gula kelapa dan madu, pengunjung juga bisa mencicip produk kudapan ringan berbahan jamur di sini. Boleh sambal minum teh atau kopi. Tentu saja juga tersedia produk yang sudah dikemas untuk oleh-oleh.

Kebetulan hari itu cukup ramai, ada rombongan dari Jakarta sebanyak 40-an orang yang juga singgah di sana. “Ini program perusahaan, kami bersama-sama berwisata ke Borobudur. Kami sudah semalam menginap di Brobudur,” ujar karyawan sebuah perusahaan di Jakarta ini.

Dia mengaku baru pertama kali berkunjung ke Borobudur, kemudian berkeliling di beberapa destinasi di sini. “Ternyata kami tidak hanya bisa melihat candi, banyak yang bisa kami nikmati di sini,” kata dia.