blank
Mobil VW Safari diparkir di halaman yang luas, sementara wisatawan mengunjungi Wisata Edukasi Pengolahan Jamur Borobudur di Jowahan, Wanurejo. Foto: Widiyartono R.

BOROBUDUR (SUARABARU.ID) – Masih kelanjutan cerita tentang naik VW Safari bekas mobil dinas camat, keliling kawasan Borobudur, di Kabupaten Magelang.

Sebelumnya sudah diceritakan tentang indah dan sejuknya jalanan pedesaan yang dilewati VW Safari berpenumpang wisatawan.

VW Safari melaju melintasi persawahan, ladang, dan kebun penduduk. Lalu singgah di pengolahan gula kelapa Gubug Kopi, Karangrejo menikmati kopi klethus dengan gula jawa, dan melihat bagaimana cara membuat gula kelapa itu.

Kemudian diteruskan dengan melihat bagaimana budi daya lebah madu di Ashfa Madu Borobudur di Desa Tanjungsari.

Baca juga Wisata Pakai Mobil Camat VW Safari di Borobudur, Sensasi Mengunyah Kopi dan Gula Jawa

Setelah dari lokasi budi daya lebah madu, para wisatawan kembali naik ke mobil VW Safari, untuk kemudian meluncur ke Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, tak jauh dari Candi Borobudur.

Di halaman yang sangat luas, mobil berbentuk unik ini pun parkir memenuhi halaman yang semula tampaknya merupakan kebun itu.

Di sinilah, wisatawan diajak untuk menyaksikan bagaimana budi daya jamur dan pengolahannya. Begitu turun dari mbil dan akan memasuki rumah Jamur Borobudur ini, pemandu menyambut.

Dia pun menguraikan bagaimana proses budi daya jamur, dimulai dari pembuatan medua tanam yang disebut baglog, kemudian ek ruangan yang digunakan untuk penanaman jamur, hingga ke peroses pengolahan jamur menjadi kudapan ringan dalam bentuk keripik jamur.