blank
Bupati Kudus HM Hartopo saat melantik delapan orang Kades hasil Pilkades serentak. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus HM Hartopo secara resmi melantik delapan Kades hasil Pilkades serentak beberapa waktu lalu. Pelantikan digelar secara sederhana di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (24/5).

Delapan Kades yang dilantik tersebut diantaranya Kades Langgardalem, Kecamatan Kota, Khoirul Amin, Kades
Kaliputu, Kecamatan Kota, Widyo Pramono,
Kades Mejobo, Kecamatan Mejobo, Sueb Jamaludin, Kades Hadiwarno, Kecamatan Mejobo, Sugiarto.

Selanjutnya adalah Kades Kirig, Kecamatan Mejobo (PAW), Aristiana Tejo Birowo ,
Kades Loram Kulon, Kecamatan Jati, Taslim, Kades Ternadi, Kecamatan Dawe, Arif Wahono dan Kades Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Nurul Qomar.

Bupati Kudus HM Hartopo dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada semua Kades yang baru dilantik. Menurutnya, Kades adalah salah satu jabatan pemimpin yang dipilih langsung oleh masyarakat. Sehingga, semua Kades yang terpilih harus mampu merealisasikan janjinkampanye yang disampaikan ke masyarakat.

“Kades yang baru dilantik ini harus memiliki kedewasaan politik,harus bisa merangkul calon yang gagal, dan mengajak untuk bekerja bareng membangun desa,”kata bupati.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa UMK Ditunda Wisudanya Gegara Dugaan Pemalsuan Sertifikat

Hartopo mencontohkan dirinya saat memenangi Pilkada, langsung merangkul calon-calon yang gagal.Upaya tersebut juga harus dilakukan pula oleh para tim sukses agar bisa mengkondisikan desa tetap damai dan kondusif.

Menurutnya, memimpin desa itu tidak mudah. Sebagai pemimpin dan pelayan masyarakat, maka seorang pemimpin harus rela untuk di

Kades harus bisa menggali potensi-potensi yang belum tergali. Jangan sampai Kades hanya menjalankan tugas tanpa ada inovasi. Apalagi dalam dua tahun terakhir, pembangunan sempat tersendat karena tersendatnya anggaran akibat pandemi Covid-19.

Terakhir, bupati mengingatkan juga soal target vaksinasi. Kades terpilih diharapkan bisa membantu pemerintah daerah memobilisasi vaksinasi utamanya pada kelompok lansia.

Ali Bustomi