blank
Para pemenang lomba ketapel (Foto: Diskominfo Jepara)

blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Semarak Festival Ketapel Nusantara digelar selama 2 hari yaitu tanggal 21 Mei 2022 dan 22 Mei 2022 oleh Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara di Gedung Serbaguna Obyek Wisata Pantai Bandengan, Jepara (22/5-2022).

blank
Peserta bertanding ketapel (Foto: Diskomnfo Jepara)

Festival ini diramaikan dengan pameran ketapel, kurasi karya, dan kejuaraan ketapel dengan kategori multi target untuk senior dengan jarak 10 meter dan junior dengan jarak 7 meter.

blank

Hadir pula peserta kejuaraan ketapel berasal dari 6 provinsi, diantaranya Provinsi Jawa Tengah meliputi Jepara, Pati, Semarang, Salatiga, Boyolali, dan Solo Raya; Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Ciamis; Provinsi Banten; Provinsi DI Yogyakarta; Provinsi DKI Jakarta meliputi Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat; Jawa Timur yang diwakili Tuban.

blank

Ketua KPOTI Jepara Ahmad Kholik menyebutkan jumlah peserta junior 52 orang dan peserta senior 89 orang. “Total peserta dan ofisial diperkirakan 200-an orang,” sebutnya.

blank

Sementara, juara 1 Ketapel diraih oleh Affandi BP (Solo), Juara 2 Muhammad Faris Ramadhani Al-Iman (Kabupaten Semarang), dan Juara 3 Saint (Kota Bandung). Pemenang kategori senior meliputi juara 1 Yohannes dari Kabupaten Semarang, juara 2 diraih oleh Yusuf dari Kabupaten Bandung, dan Juara 3 diraih oleh Chendil A. Jazuli dari DKI Jakarta.

Alvaros – Rizal Kmf