blank
Menikmati perjalanan keliling Borbudur menggunakan mobil VW Safari. Foto: Widiyartono R

BOROBUDUR (SUARABARU.ID) – VW atau Volks Wagon adalah mobil produk Jerman, yang kemudian juga ada produk di luar negeri Hitler itu, yakni di Brazil. Mobilnya berbentuk unik seperti VW Combi yang minibus, VW Beetle atau kita biasa menyebut VW Kodok, juga VW Safari.

Masih ada produk varian lainnya seperti Caravelle, Golf, dan lainnya. Tetapi kali ini pembaca akan diajak untuk menikmati VW Safari, berwisata keliling Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ya, Borobudur adalah magnet wisata.

Berkunjung ke Borobudur, kini tak harus melulu melihat candi terbesar di dunia itu.

Baca juga Wisata Pakai Mobil Camat VW Safari di Borobudur, Sensasi Mengunyah Kopi dan Gula Jawa

Kawasan di sekitar Borobudur kini sudah berkembang menjadi luar biasa. Semua nyaris bisa dijual atas nama pariwisata.

Untuk menikmati keindahan di kawasan Pegunungan Menoreh itu memang banyak tersedia wahana. Ada dokar wisata, naik otoped atau sepeda listrik, naik sepeda, sampai keliling naik VW Safari model cabriolet yaitu atapnya bisa dibuka.

Mobil Dinas Camat

Tahun 70-an, mobil VW Safari menjadi mobil dinas para camat di seluruh Indonesia. Warnanya oranye, dengan suara khas mesin VW yang berada di bagian belakang mobil. Mobil ini juga tidak seperti mobil lainnya.

Untuk menjaga agar mesin tidak panas, mobil lain menggunakan radiator. Tidak demikian dengan VW, termasuk VW Safari. Untuk menjaga temperature mesin, VW hanya mengandalkan kipas mesin.

Dengan berkembangnya pariwisata di Borobudur, maka pelaku wisata pun memanfaatkannya. Wisatawan diajak berkeliling di kawasan ini, tergantung keinginannya. Puluhan mobil VW kini ada di Borobudur untuk melayani wisatawan. Sudah tersedia paket-paket perjalanan wisata menggunakan VW ini.

Dengan berwisata menggunakan VW Safari ini, kita bisa merasakan bagaimana menjadi camat tahun 70-an. Ya, sekurangnya dalam waktu dua jam itu, kita boleh seakan berperan sebagai camat yang mengelilingi wilayah kerjanya, untuk melihat aktivitas warganya.

Kita bisa memesan mobil ini lewat pengelola hotel atau Balkondes (Balai Perekonomian Desa) yang ada di Borobudur. Satu mobil bisa dinaiki tiga penumpang plus pengemudi. Tinggal mau paket yang seperti apa. Misalnya paket dua destinasi, tiga destinasi, lima destinasi.

Mobil ini akan menjemput di tempat kita menginap atau di tempat yang memang disepakati. Seperti wartawan suarabaru.id yang menikmati perjalanan wisata dengan VW Safari ini dari Balkondes Ngargogondo.