blank
Sekitar 700-an peserta senam Sicita, hadir di Panti Marhaen, Semarang, sebagai bagian pemecahan rekor senam terbanyak, yang diikuti jajaran DPD dan DPC PDIP seluruh Indonesia. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebuah kegiatan senam massal berhasil dicatat sebagai even senam dengan peserta terbanyak. Tercatat ada sebanyak 70 ribu orang mengikuti senam yang digelar PDI Perjuangan Jawa Tengah. Kegiatan yang dinamai Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) itu, tercatat sebagai rekor senam di Indonesia dengan peserta terbanyak.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng, Agustina Wilujeng mengatakan senam Sicita merupakan program dari DPP PDI Perjuangan, dan dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serempak pada Jumat (20/5/2022).

Salah satu tujuan digelarnya acara ini, guna mengampanyekan budaya hidup sehat. Terlebih lagi, saat ini pandemi covid-19 telah berakhir, dan masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan, salah satunya dengan melakukan kegiatan senam.

BACA JUGA: Prof Dr A Sri Haryati MPd Guru Besar Baru di Untidar Magelang

”Senam adalah hal yang mudah, murah dan sehat. Bisa dilakukan secara rutin setiap hari. PDI Perjuangan mengajak masyarakat untuk menjaga budaya sehat,” kata Agustina Wilujeng, usai kegiatan yang digelar di kompleks Panti Marhaen, Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jateng, Semarang.

Kegiatan itu sendiri dipimpin Kriseptiana, yang juga istri Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Turut hadir, anggota Fraksi PDI Perjuangan yang duduk di DPRD Jateng.

Agustina menjelaskan, total peserta yang tercatat ikut serta di Jateng ada sebanyak 70 ribu orang. Mereka tersebar di DPD dan DPC di 35 kabupaten/kota. Selain itu, sejumlah anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota, juga turut menyelenggarakan di lokasi daerah pemilihannya.

BACA JUGA: KPU Dorong Mahasiswa Magang Kampus Merdeka Jadi KPPS di Pemilu 2024

”Peserta di Panti Marhaen ada sekitar 700-an orang. Kemudian dengan peserta yang lewat zoom, bisa 1.500-an. Kalau di Jateng yang sudah dilaporkan ada 70 ribu orang,” ungkap dia.

Disampaikan juga, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah peserta senam Sicita seluruh Indonesia, lantaran masih menunggu laporan dari masing-masing DPD.

Agustina menuturkan, kebanyakan peserta senam Sicita adalah perempuan. Meski ada juga laki-laki, namun persentasenya kecil. Mereka tergabung dalam kelompok-kelompok senam dan diundang dalam acara pemecahan rekor MURI ini.

”Yang suka senam kan biasanya perempuan. Senam ini ringan untuk semua usia, dan durasinya hanya sekitar 10-15 menit. Sehingga bagus untuk dilakukan rutin setiap hari,” imbuhnya.

Riyan