blank
Mobil VW Safari para wisdatawan diparkir di kawasan dekat Gubug Kopi Karangrejo. Foto: Widiyartono R.

Nglethus Kopi dan Gula Jawa

Ada sensasi unik yang ditawarkan Agus Prayitno di Gubug Kopinya. Selain menikmati minuman kopi, teh, atau minuman lainnya Agus sensasi lainnya. Nglethus kopi dan gula jawa. Nglethus (Bahasa Jawa) yang maknanya mengunyah sesuatu yang bertekstur keras, seperti permen, misalnya.

Nah, kali ini yang diklethus itu adalah kopi yang sudah disangrai. Bisa dibayangkan rasanya tentu pahit. Tetapi saat mengunyah kopi itu bersamaan dengan gula Jawa, sensansinya luar biasa. Ada rasa mirip-mirip coklat manis, pahitnya juga masih terasa. Tetapi sensasinya itu. Klethussss.

Setelah menikmati kopi, teh, minuman, dan sajian lainnya wisatawan bisa membeli oleh-oleh berupa gula jawa cetak, gula semut, juga kopi. Begitu juga penganan ringan lain seperti slondhok, rengginang, dan lainnya.

Ini bagian awal perjalanan menggunakan VW Safari keliling Borobudur dengan kunjungan pertama di Gubug Kopi, produsen gula kelapa. Nilai jual gula kelapa Agus Prayitno ini menjadi lebih tinggi, karena dia tak hanya menjual gula ke pedagang.

Tetapi dia menjual sensasi lainnya, sehingga wisatawan pun terkesan, dan suatu saat akan datang kembali, mengajak teman atau saudara lainnya ke sini.

Masih berlanjut di tulisan berikutnya…….  Wisata Pakai Mobil Camat VW Safari di Borobudur, Merasakan Sensasi Terapi Sengat Lebah di Tanjungsari

Widiyartono R.