blank
Di pelataran parkir baru objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri, digelar event Night Bazaar UMKM. untuk memeriahkan peringatah Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bila cuaca memungkinkan, ada angin yang cukup dan kondisinya memenuhi aspek safety, Kamis pagi (19/5) akan dilakukan manuver spektakuler terbang dari langit membawa bendera.

Dua atlet Paralayang Wonogiri, Harry Black dan Elang Kemis, dengan mengenakan kostum pakaian Wayang Orang Tokoh Gatutkaca, akan terbang membawa bendera Merah Putih dan bendera Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri.

Sajian ketangkasan atraktif olahraga dirgantara ini, akan mewarnai upacara peringatan Hari Jadi Tahun 2022, yang akan digelar di pelataran parkir baru objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

”Bendera Merah Putih yang dibawa terbang dari langit, berukuran tiga kali lima Meter,” ujar Sukamto, Kepala Desa (Kades) Sendang Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, yang dikenal sebagai Tokoh Pembina Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Paralayang Wonogiri.

Harry Black dan Elang Kemis yang mahir terbang, termasuk terbang tandem, akan take off dari puncak Gunung Joglo, di deret perbukitan Gajahmungkur Wonogiri. Yakni lokasi yang selama ini dibakukan untuk start olahraga Gantole dan paralayang.

Diharapkan, keduanya akan landing di dropzone lapangan tepi perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Untuk selanjutnya, menyerahkan bendera tersebut guna dikibarkan dalam gelar upacara peringatan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri.

Busana Kejawen

Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Retno, dan Kabag Prokopim Mursid Suroto, mengatakan, seluruh peserta upacara mengenakan busana Kejawen. Bupati Joko Sutopo akan tampil menjadi inspektur upacara. Komandan Upacara dipercayakan kepada Wahyu Nugroho dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

blank
Panggung hiburan didirikan di ujung depan area Night Bazaar Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri. Di panggung ini akan digelar beragam sajian kesenian untuk memeriahkan bazar.

Peringatan Hari Jadi dikemas dalam event pelestarian nilai-nilai perjuangan Raden Mas (RM) Said atau Pangeran Sambernyawa ini, diketuai oleh Sekda Haryono. Dalam upacara, akan dirangkai dengan peresmian pembangunan area parkir baru objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Di tempat sama, selama dua malam digelar event Night Bazaar UMKM. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Wonogiri, Wahyu Widayati, mengatakan, Night Bazaar berlangsung Tanggal 19 sampai dengan 20 Mei 2022.

Menyediakan 15 tenda kerucut untuk 15 stand pameran produk unggulan. ”Melibatkan 25 pelaku UMKM di Kabupaten Wonogiri,” ujar Wahyu Widayati. Juga dimeriahkan tampilnya 25 pegadang kuliner Waduk Gajahmungkur Wonogiri, yang akan menjajakan aneka menu makanan dan beragam minuman.

Di panggung depan, akan disajikan hiburan kesenian termasuk sajian dari berbagai sekolah di Wonogiri. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Wonogiri, Gunarsi, Rabu (18/5), melakukan survai panggung.

Bambang Pur