Kereta api jarak jauh. Foto: Dok/Humas KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selama 22 hari masa angkutan lebaran 1443 H/2022 (H-10 hingga H+10 atau 22 April hingga 13 Mei 2022), PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang melayani 306.862 pelanggan KA jarak jauh dengan okupansi 97% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan.

EVP KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo mengatakan, jika ditotal dengan perjalanan KA lokal sebanyak 22.582 pelanggan, maka pada angkutan lebaran 2022, KAI Daop 4 Semarang melayani total 329.444 pelanggan.

“Jumlah ini mencapai 119% jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 277.433 pelanggan. Jumlah tersebut juga mencapai 62% jika dibandingkan dengan total pelanggan pada angkutan lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 530.127 pelanggan,” ungkap Wisnu, Sabtu (14/5/2022).

Disampaikan bahwa selama angkutan lebaran 2022 di wilayah Daop 4 Semarang terdapat total 1.694 perjalanan KA atau rata-rata 77 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 99%.

Sementara untuk puncak arus mudik terjadi pada Selasa 3 Mei 2022 atau hari kedua lebaran sebanyak 21.685 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada Minggu 8 Mei 2022 (H+5) sebanyak 24.656 pelanggan.

“Banyaknya pelanggan pada angkutan lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022 ini,” kata Wisnu.

Pada penyelenggaraan angkutan lebaran ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Selama periode angkutan lebaran, sebanyak 89 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan.

Wisnu menyebut, KAI akan terus mengembangkan layanan berupa peningkatan kualitas sarana kereta, fasilitas di stasiun, serta pelayanan kepada para pelanggan baik layanan KA jarak jauh dan KA Lokal. Tujuannya agar layanan Kereta Api bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.

Kami menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik maupun balik lebaran tahun ini dengan aman, nyaman, dan sehat,” pungkas Wisnu.

Ning