blank
Wiwin Patma Dewi, S.Pd

Oleh : Wiwin Patma Dewi, S.Pd.

Man is what he makes of himself atau manusia memberi wujud pada kepribadiannya sendiri sesuai dengan rancangannya yang diungkapkan  Sartre ini dapat jadi inspirasi berharga bagi para guru yang ingin menjadi sosok guru yang diidamkan siswa. Guru yang menyadari tugas dan panggilannya sebagai seorang guru dan terus merawatnya untuk putra-putri bangsa.

Dalam pandangan siswa, ada sejumlah penilaian terhadap penampilan guru berdasarkan persepsi masing-masing siswa. Apakah guru termasuk kategori guru galak (killer) ataukah guru favorit ?.  Siswa memiliki alat ukur masing-masing.

Bahkan penilaian itu bukan hanya dilakukan siswa saat seorang guru melakukan tugas mengajarnya di depan kelas, tetapi juga di luar kelas, bahkan pada aktivitas  di tengah-tengah masyarakat.

Guru Favorit

Menjadi guru bukanlah merupakan tugas yang mudah. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk mengajarkan ilmu, tetapi juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya, terlebih jika bisa menjadi guru favorit yang disenangi dan dikagumi siswa.

Dalam pandangan siswa, guru favorit adalah guru yang ramah, penuh perhatian, baik hati, kreatif, tidak galak. Namun semua itu tidak akan jadi apa-apa jika seorang guru tidak memberikan ruang aktif bagi siswanya.  Berdemokrasi dan memberikan kebebasan namun tetap memberikan bimbingan kepada  siswa hingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan.

Lantas bagaimanakah kiat-kiat untuk menjadi guru yang diidamkan siswanya? Artikel ini akan menjabarkan tips untuk menjadi guru favorit dambaan siswa.

  1. Berikan kesan positif dan antusias

Sangat penting sebelum memulai pelajaran untuk menunjukkan kesan positif terhadap siswa. Tersenyum dan menyapa siswa akan memberikan rasa nyaman bagi siswa.

  1. Sentuhlah motif-motif kebaikan dalam diri siswa

Setiap manusia tentu memiliki sisi kebaikan. Guru harus bergaul dan memperlakukan siswa dengan dasar kebaikan yang ada dalam diri siswa

  1. Ramah, lembut, dan penuh kasih sayang

Keramahan, kelembutan, dan kasih sayang adalah sarana untuk merebut hati seseorang terutama siswa, sehingga siswa merasa nyaman. Sebab  menurut tabiatnya manusia tidak menyenangi kekasaran melainkan menyukai kelembutan.

  1. Humoris dalam mengajar

Siapa yang tidak suka dengan yang humoris?  Begitu juga siswa akan menyukai gurunya yang humoris. Kegiatan belajar mengajar tidak akan berlangsung kaku. Humoris bukan berarti tidak serius. Selingi materi-materi pelajaran dengan hal yang lucu tetapi tetap ada hubungannya dengan materi

  1. Tidak suka memarahi

Bapak ibu pasti tidak asing dengan istilah killer. Sebagai seorang guru tentu tidak ingin diberi label dan dicap sebagai “guru killer”. Nah untuk itu sebagai guru  harus mampu mengurangi intensitas marah di kelas dengan cara mengubah amarah dengan menasehati dengan baik.

Bapak ibu guru harus mampu menganggap dirinya sebagai orang tua ke dua yang dapat dijadikan teman curhat. Dengan demikian guru akan lebih dekat dengan siswa dan mengetahui masalah yang dihadapi siswanya.

  1. Mengerti materi pelajaran

Seorang guru yang bisa menjadi favorit bagi siswanya adalah yang mampu menyampaikan materi dan berkomunikasi jelas tidak bertele-tele.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Kendala yang sering dialami, khususnya dalam berkomunikasi yaitu tidak adanya kecakapan untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang baik seorang guru akan mengerti dan bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan dan kesulitan siswanya.

Nah, demikian tadi tips agar bisa menjadi guru yang diidamkan dan menjadi favorit siswa. Bapak ibu guru bisa mencobanya. Sebagai akhir dari tulisan ini ada sebuah quote yang  bisa kita jadikan sebagai motivasi kita untuk tetap komitmen dengan pekerjaan. “ Ketika kamu mencintai pekerjaanmu, teruslah bekerja meski kamu menemui banyak tantangan dan kendala (Emile Zola) .“ Semoga tulisan ini bermanfaat.

Penulis adalah  Kepala Sekolah SD N 1 Gidangelo Welahan Jepara