blank
ilustrasi hidangan telur. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Telur adalah pilihan yang jelas dalam hal makanan pokok berprotein tinggi, tetapi jika Anda ingin mengganti rutinitas makanan pagi Anda atau jika Anda tidak tahan dengan telur.

Jangan khawatir karena ada sejumlah makanan yang direkomendasikan ahli gizi yang memiliki lebih banyak protein daripada telur.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (12/5/2022), telur rebus merupakan salah satu makanan pokok terutama ketika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan. Hanya saja, tidak semua orang suka dengan telur. Bahkan sejumlah orang ada yang alergi terhadap telur.

Baca Juga: Lima Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Nah bagi yang tidak suka atau alergi telur, berikut ini rekomendasi makanan protein selain telur yang dilansir dari sejumlah sumber.

1. Dada ayam

Steak dada ayam adalah yang paling enak dari semua makanan berprotein tinggi. Dipanggang di atas panggangan atau di oven atau digoreng, steak dada ayam bisa menjadi hidangan yang lezat.

Anda bisa membumbuinya dengan garam, merica, dan madu atau mengasinkannya selama beberapa jam. Bumbu pasti akan menahan lebih banyak protein di dada ayam.

Baca Juga: Khasiat Semanggi, Makanan Khas Surabaya

2. Keju cottage

Mirip dengan ayam, sepotong keju cottage (paneer) dengan sedikit bumbu berfungsi sebagai camilan berprotein tinggi yang enak atau tambahan yang menarik untuk makan siang Anda.

Menariknya, porsi segar (dingin) dengan beberapa chaat masala atau garam dan merica biasa membuat rasanya menjadi enak.

3. Oat

Oat juga salah satu makanan berprotein yang bisa Anda konsumsi selain telur. Oat memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Anda juga bisa menambahkan susu dan gula untuk menambah rasa.

Namun, jika ingin rasa yang gurih, Anda bisa menambahkan banyak rempah.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Maag Berpuasa? Makanan Ini Harus Dihindari

4. Yogurt

Sumber protein lainnya yang bisa Anda konsumsi selai telur yaitu yogurt. Yogurt dalah camilan yang enak untuk menemani sarapan, makan siang, dan makan malam. Ini tersedia dalam banyak rasa di pasar.

5. Sup brokoli

Di luar sayuran, brokoli adalah salah satu makanan berprotein tinggi terbaik. Anda dapat menggorengnya dengan garam & merica atau mencoba hidangan lain, misalnya sup brokoli. Sup brokoli adalah cara terbaik untuk mengonsumsi protein di dalamnya dengan cita rasa yang lezat.

6. Daging Sapi Tanpa Lemak

Jika Anda seorang pemakan daging merah, Anda kemungkinan besar sudah menyadari bahwa daging sapi mengandung protein tinggi. Tetapi meskipun dapat bermanfaat, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah besar. Itu bisa meningkatkan panas tubuh.

Claudia