blank
Ilustrasi - Anak bermain dengan gadget. Antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di tengah perkembangan teknologi yang sudah maju, nampaknya banyak anak-anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget. Tak sedikit yang akhirnya terlihat seperti kecanduan gadget.

Dilansir dari Suara.com, mengatasi anak berhenti kecanduan gadget juga bukan persoalan yang mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini dilansir dari Times of India,Lima tips yang membantu mengatasi anak kecanduan gadget.

Baca Juga: Empat Tips Meninggalkan Rumah Yang Bersih Saat Mudik Lebaran

1. Buat rencana tindakan

Beberapa orang mungkin kurang memikirkan konsekuensinya mengenalkan gadget atau televisi kepada anak-anak.

Saat anak mulai kecanduan gadget, Anda harus memiliki solusi dan rencana tindakan untuk mengatasi kecanduan mereka terhadap gadget.

2. Buat jadwal aktivitas untuk anak-anak

Buatlah jadwal dan rencanakan hal-hal yang bisa dilakukan anak-anak dalam sehari. Pastikan mereka memliki waktu yang produktif dan belajar hal baru.

Baca Juga: Tips Sehat Selama Lebaran, Terapkan Qur’an dan Hadis

3. Bersikap tegas

Setelah Anda memutuskan untuk menghentikan anak-anak kecanduan gadget, jangan pernah goyah dan menyerah pada amukan mereka.

4. Bantu anak mengerti

Alih-alih menegur anak Anda dan membiarkannya lepas, ajari anak Anda tentang kecanduan gadget dan dampak buruknya bagi mereka.

5. Berikan contoh

Anda sebagai orangtua juga harus menahan diri dari gadget, agar bisa menjadi contoh bagi anak-anak.

Itulah lima tips yang orangtua bisa terapkan untuk mengatasi anak yang sudah kecanduan gadget. Memang awalnya tidak mudah, tapi jangan menyerah, ya!

Claudia