blank
Ilustrasi tumis kangkung. Foto: Suara.com/pixels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu pecinta sayuran kangkung? Kangkung ternyata menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Kangkung mempunyai khasiat untuk kesehatan mata, mencegah diabetes, melawan liver (penyakit hati), dan manfaat kesehatan lainnnya.

Sayuran ini juga sangat mudah untuk kita temui di pasar dan warung harian. Mengolahnya pun mudah, kamu bisa membuat tumis kangkung, direbus, dan olahan lainnya yang menyehatkan. Kangkung juga dikenal dengan nama bayam air, yakni tanaman perairan di daerah rawa-rawa.

Dilansir dari Suara.com, kangkung ini menjadi salah satu tanaman yang mudah dijumpai di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia. Tidak jauh berbeda dari jenis sayuran lainnya, sayuran kangkung ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dalam secangkir kangkung yang sudah disiangi (sekitar 56 gr), bisa terpenuhi 70% kebutuhan vitamin A harian, serta 51% kebutuhan vitamin C harian.

Nah, meski kaya akan nutrisi, kangkung ini merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Selain rasanya enak, juga banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Apa saja manfaatnya? Ada empat manfaat kangkung untuk kesehatan, yang telah dirangkum dari laman hellosehat.com.

Pertama, menjaga kesehatan mata. Tanaman kangkung memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang kita tahu, vitamin A dapat melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Selain itu, juga berguna untuk meningkatkan produksi cairan guna mencegah mata kering.

Kedua, bersifat antiradang. Selain untuk mata, khasiatnya juga berupa antiradang. Peradangan biasanya dialami dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan. Selain itu, diketahui juga ampuh dalam melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis.

Ketiga mencegah diabetes. Penelitian pada tahun 2013 berhasil menemukan khasiat rutin makan bayam air guna mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya yang dilakukan pada tikus percobaan. Merangkum dari Journal of Diabetes, tercatat bahwa sayur kangkung bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut mampu mencegah oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

Keempat, mencegah dehidrasi. Kangkung tinggi akan kandungan mineralnya, sehingga kangkung baik untuk mencegah dehidrasi. Yakni kandungan mineral utama seperti kalium dan natrium. Mineral tersebutlah yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh.

Oleh sebab itu, makan kangkung bisa mencegah kamu kehilangan terlalu banyak cairan. Semoga bermanfaat.

Ning