blank
Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan koordinasi dengan para pendeta dan pengurus gereja di Wuryantoro, Wonogiri, dalam kaitan tugas pengamanan perayaan Paskah.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Wonogiri, ikut mengamankan gereja yang menggelar perayaan Paskah 2022.

Ini dilakukan sejak umat Kristiani menggelar Misa Ekaristi Kamis Putih dan Jumat Agung Tanggal 14 dan 15 April 202. Kemudian dilanjut dengan ibadah Sabtu Sunyi (16/4) dan sembahyangan kebangkitan Yesus Paskah Minggu (17/4) hari ini.

Koramil-03 Kodim 0728 Wonogiri, menurunkan anggota Babinsa Sertu Parmin, Serda Riwanto dan Serda Gihon Wayor. Mereka melakukan tugas pengamanan gereja bersama personel Bhabinkamtibmas Polsek Ngadirojo Aiptu Aris, Aiptu Gatot, dan Bripka Haryadi.

Tugas pengamanan dilakukan saat berlangsung peribadatan umat di Gereja Katolik Maria Immaculata Dusun Sanggrahan RT 03/RW 09, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Juga di Gereja Katolik Maria Immaculata, saat dilakukan peribadatan Paskah yang dipimpin oleh Romo Dhani. Kemudian perayaan Paskah di Gereja Santo Thomas di Dusun Jlegong RT 02/RW 09 Desa Gemawang, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dipimpin Gembala Umat Romo Agus Sucipto.

Wuryantoro

Dari Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan, tugas pengamanan gereja yang merayakan Paskah, diawali dengan apel bersama jajaran TNI dan Polri. Dipimpin Kapolsek AKP Bambang Suripto beserta Danramil-10 Kapten (Cpl) Joko Susanto.

blank
Jajaran TNI-Polri dari unsur Koramil dan Polsek bertugas mengamankan peryaan Paskah di gereja yang berada di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Apel berlangsung di Makoramil Wuryantoro, diikuti oleh seluruh anggota Polsek dan personel Koramil. Kepada jajaran diserukan untuk waspada dalam melakukan tugas pengamanan Paskah. Utamanya terhadap kemunculan ancaman yang dapat mengganggu kekhusukan umat yang merayakan Paskah.

Di Kecamatan Wuryantoro, gereja yang mendapatkan pengamanan terdiri atas Gereja Kristen Jawa (GKJ) Induk Wuryantoro, Gereja Katolik Santo Christophorus di Mlopoharjo, GKJ Pepanthan Gudang Desa Puluta Wetan.

Kemudian GKJ Pepanthan Gedangrejo di Desa Pulutan Kulon, GKJ Pepanthan Salak di Desa Genukharjo, dan GKJ Pepanthan Mojopuro di Lingkungan Mojopuro Kelurahan Mojopuro, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Wonogiri Serma Indra, menyatakan, serangkaian peribadatan Paskah di gereja-geraja di Kabupaten Wonogiri berjalan khimad, aman, nyaman, tenteram dan damai.

Bambang Pur