blank
Louis van Gaal/dok

(SUARABARU.ID) – Louis van Gaal, pelatih Timnas Belanda secara berani menyerang Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Van Gaal (70) mengecam keputusan FIFA memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Menurut dia, FIFA hanya mengeluarkan omong kosong ketika menyatakan pemilihan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah untuk pengembangan sepak bola.

Van Gaal menilai FIFA mata duitan lantaran alasan komersial yang membawa turnamen empat tahunan itu ke Qatar.

‘’Turnamen di Qatar adalah tentang uang dan kepentingan komersial. Itulah yang penting bagi FIFA,’’ tegas pria asal Belanda ini seperti dilansir dari ESPN.

Van Gaal menambahkan dia adalah bagian dari komisi di Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) yang bertemu setiap bulan untuk mengevaluasi situasi yang berlangsung di Qatar berkaitan dengan hak asasi manusia.

KNVB merupakan salah satu dari sedikit asosiasi sepak bola yang mengkritik hak asasi manusia dan kondisi kerja di Qatar.

‘’KNVB tak pernah mendukung penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar, dan tidak menyetujui cara pekerja migran diperlakukan di sana,’’ paparnya.

Qatar mendapatkan pengawasan internasional atas perlakuan terhadap pekerja sejak memenangi hak pada 2010 untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah.

The Guardian melaporkan paling tidak ada 6.500 kematian pekerja migran di Qatar sejak negara itu memenangi hak menjadi tuan rumah.

Dalam 10 tahun terakhir, Qatar telah memulai program pembangunan yang sebagian besar untuk persiapan ajang empat tahunan itu.

Selain tujuh stadion baru, lusinan proyek besar sudah diselesaikan atau sedang berjalan, termasuk bandara baru, jalan raya, sistem transportasi umum, dan hotel.

rr