blank
PT Telkom satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Global 500 2022 Most Valuable Brand (perusahaan dengan merek paling bernilai), yang dikeluarkan konsultan brand valuation internasional, Brand Finance. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Global 500 2022 Most Valuable Brand (perusahaan dengan merek paling bernilai), yang dikeluarkan konsultan brand valuation internasional, Brand Finance.

Dengan valuasi merek (brand value) yang terhitung mencapai 4,69 miliar Dolar AS dan enterprise value sebesar 30,44 miliar Dolar AS, Telkom berada di posisi 490 daftar itu, mengungguli berbagai merek lain dari berbagai negara.

Ini menjadi kelima kalinya, Telkom masuk di dalam jajaran global bersama dengan perusahaan bergengsi kelas dunia lainnya, seperti Apple, TikTok, Amazon, Google, dan lainnya.

BACA JUGA: Jennifer Lopez Kembali Jadi Karakter Bintang Pop Lewat “Marry Me”

”Menjadi sebuah kebanggan dan kerhomatan bagi Telkom, dapat masuk di jajaran perusahaan terbaik dunia. Pencapaian ini merupakan salah satu bukti, langkah transformasi Telkom sudah berada di jalur yang tepat, dan mulai memperlihatkan hasilnya,” kata Ririek dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Menurut dia, dalam kurun dua tahun terakhir, Telkom tengah gencar mengakselerasi transformasi perusahaan menjadi digital telco, dan melakukan penataan portofolio untuk value creation yang optimal. Tidak hanya bagi perusahaan, tapi juga bagi stakeholder serta bangsa dan negara.

Lebih lanjut Ririek menjelaskan, Telkom fokus menjalankan tiga domain bisnis digital, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services.

BACA JUGA: Mega Koi Show, Gelaran Nasional Kompetisi Ikan Koi di Semarang Berhadiah Mobil

Infrastruktur yang menyebar di penjuru negeri ini, menjadi nilai tambah bagi Telkom dalam memanfaatkan konektivitas yang dimiliki, untuk pengembangan platform digital, serta beragam produk dan layanan digital yang dapat digunakan seluruh segmen pelanggan.

”Nilai merek merupakan tolak ukur pandangan masyarakat dan pelanggan, investor, serta berbagai pihak dalam melihat layanan dan produk yang disediakan perusahaan. Keberhasilan Telkom ini menjadi bukti komitmen perusahaan, untuk dapat sejajar dengan perusahaan kelas dunia lain dalam melayani pelanggan juga masyarakat secara optimal,” ungkap dia.

Ririek berharap, semoga ini menjadi amanah bagi PT Telkom, agar terus berinovasi, berkolaborasi, dan juga untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan, stakeholder, dan investor.

BACA JUGA: Ditemukan 250 Kasus Aktif Covid-19 Omicron di Klaten, Polres Klaten Lakukan Percepatan Vaksinasi

Brand Finance Global 500 adalah pemeringkatan valuasi merek, yang rutin disusun Brand Finance setiap tahunnya. Dalam melakukan penyusunan daftar ini, Brand Finance menilai lebih dari 5.000 perusahaan di 26 negara, dan mencakup 29 sektor.

Perolehan nilai merek menggunakan metodologi yang menilai brand impact dan brand strength. Sementara itu, brand strength diukur dari balance score card matrix, antara marketing investment, stakeholder equity, and business performance.

Riyan