JEPARA (SUARABARU.ID) – Mengingat Virus Omicron sedang merebak di Jakarta dan mobilitas penduduk dari Jepara ke Jakarta dan sebaliknya sangat tinggi, maka Jepara menjadi daerah rentan penularan Virus Omicron. Karena itu kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat, terutama memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Jepara, KH. Nuruddin Amin, S.Ag. melalui pesan WhatsApp, kepada SUARABARU.ID, Rabu (26/1-2022) menyusul ditetapkannya Jepara dalam Level 1 PPKM Jawa Bali.

Karena itu Nuruddin Amin minta agar Satgas Covid harus selalu memantau mobilitas penduduk dr Jepara ke Jakarta PP. “Jangan sampai kita kebobolan Virus Omicron lewat jalur mobilitas penduduk yang sangat tinggi ini,” ujarnya.

Kita jangan euforia dengan peringkat PPKM Level 1, lalu kita bisa bebas tanpa masker. Perlu diingat, kehidupan kita adalah era New Normal, bukan Normal sama sekali. “New Normal itu harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan meskipun pasar tradisional maupun modern sudah buka 100%, perkantoran masuk 100%, pembelajaran masuk 100%, ini bukan kehidupan normal sama sekali, akan tetapi kehidupan New Normal di mana protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

“Kabarnya Omicron tidak mematikan. Omicron juga hanya menunjukkan gejala ringan seperti flu pilek. Justru karena efek ringan ini, persebarannya bisa menjadi lebih laten dan sangat cepat. Oleh karena itu, protokol kesehatan ketat tidak dapat dihindarkan,” papar Nuruddin.

Alvaros