blank
Penggemar sepeda mengecat tempat parkir sepeda portabel. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Jadi Ke 1118 Kota Magelang, penggemar sepeda di kota ini melakukan kegiatan mengecat tempat parkir sepeda, khususnya di lokasi Kuliner Tuin Van Jaya di Alun-alun.

‘’Ini wujud kepedulian kami penggemar sepeda mempercantik tempat sepeda yang sudah mulai kusam. Sekaligus berpartisipasi mengisi kegiatan Hari Jadi Kota Magelang,’’ kata Agung Hirlanto, koordinator kegiatan, kemarin.

Kegiatan yang berlangsung Rabu (1/5), sedikitnya mengecat ulang 4 unit tempat parkir sepeda portabel. Masing masing parkir sepeda dapat memuat 4-5 unit sepeda dengan cara digantung.

Agung Hirlanto menerangkan, kegiatan ini sekaligus wujud dukungan atas digaungkannya Magelang sebagai Kota Sepeda. Konsep Kota Sepeda ini disampaikan Wali Kota Magelang pada saat memimpin Apel ASN se Kota Magelang pada 18 Maret lalu.

Tujuannya menjaga Kota Magelang bebas polusi, maka perlu gerakan bersepeda mulai dari siswa sampai dengan ASN.

Parkir sepeda portable ini pertama kali disediakan tahun 2018, atas kepedulian pegiat sepeda yang membutuhkan fasilitas parkir sepeda. Pengadaan dengan cara patungan seribuan tiap bertemu melalui gerakan #sewunangaweparkiran.

Awalnya tersedia dua unit dan berkembang menjadi 4 unit, dan selalu penuh dengan pesepeda saat pagi utamanya akhir pekan. Parkir sepeda ini sangat bermanfaat bagi pegiat sepeda yang rehat, setelah bersepeda sambil menikmati kuliner dan suasana Alun-alun Kota Magelang.

Yoga dari Komunitas B2W Magelang menyambut baik aksi sosial ini. Dia mengungkapkan, kepedulian warga utamanya dalam menjaga dan merawat fasilitas kota perlu diapresiasi. Utamanya semangat gotong royong warisan budaya perlu terus dipupuk. Salah satunya dengan kegiatan mengecat parkir sepeda.

Menurutnya, Magelang Kota Sepeda perlu didukung semua pihak. Semua elemen harus bergerak bersama. Sepeda merupakan moda transportasi bebas polusi sebuah solusi tanpa polusi perkotaan, kendaraan ramah lingkungan yang sehat dan menyenangkan.

Dalam acara tersebut hadir personel Dinas Perhubungan Kota Magelang yang ikut berpartisipasi. Kabid Lalu Lintas Bambang Nurbudi menyambut baik inisiatif pesepeda bergotong royong merawat fasilitas sepeda di kota ini.

Doddy Ardjono