blank
Kepala Kemenag, Akhsan Muhyiddin saat memberikan sambutan

JEPARA ( SUARABARU.ID) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara melalui Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah (PHU) memberikan pembekalan kepada Karu (Ketua regu) dan Karom (Ketua rombongan), calon jemaah haji Kabupaten Jepara , di aula Kantor Kemenag Kabupaten Jepara, Kamis (2/5/2024)

Kegiatan yang dihadiri oleh Peserta Karu dan Karom, Petugas Kloter, PHD, Pembimbing KBIHU sangat antusias di dalam memperhatikan materi yang disampaikan narasumber dari UIN Walisongo Semarang, Abdul Kholiq dan tokoh masyarakat, Muh Habib.

blank
Kasi PHU Siti Zuliyati saat memberikan penjelasan

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara , Akhsan Muhyiddin menyampaikan, Karu dan Karom merupakan tugas yang strategis karena petugas yang berhubungan dengan jamaah.

“Ketua Regu merupakan petugas yang dipilih dari jamaah haji untuk memimpin sepuluh jamaah haji, sedangkan Karom adalah petugas yang dipilih dari jamaah haji untuk memimpin empat regu”, ujar Akhsan

Akhsan menambahkan, Karu merupakan figur yang bersinggungan langsung dengan jamaah. Sehingga, ketua regu dan ketua rombongan, mempersiapkan dengan niat ikhlas untuk menjadi karu dan karom.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Siti Zuliyati mengatakan, tugas mereka nantinya membantu tugas pokok petugas PPIH Kloter dan PHD

blank
Peserta antusias ikuti acara bimbingan haji

“Kami berharap mereka dapat membantu, kerja bersama dengan petugas kloter dengan ikhlas dan baik. Sebab Karu dan Karom juga penentu bagi lancarnya pelaksanaan haji dalam kloter terkait”, ujar Zuliyati .

Secara teknis, kata Zuliyati , seperti selalu mengontrol anggota masing-masing agar tidak sampai terpisah, menyampaikan informasi dari kloter kepada anggotanya, juga mengambil jatah makanan ketika di Madinah dan Makkah dan memastikan semua anggota mendapatkan semua.

“Sebelum pemberangkatan, Karu dan Karom juga saling kontrol anggota masing-masing”, pungkas Zuliyati .

Sebagai informasi, tahun ini terdapat 1408 jemaah caloh haji dari Kabupaten Jepara yang akan berangkat ke Tanah Suci. Mereka terbagi dalam 5 kloter, yakni kloter 72 – 76. Selain itu, Kemenag Jepara telah menunjuk 144 orang sebagai Karu dan 36 orang sebagai Karom dan akan diberangkatkan dari Jepara pada tanggal 30 dan 31 Mei 2024

Sindi – Nurul