blank
Ilustrasi manfaat air kelapa. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Selain bisa mengatasi gejala dehidrasi ringan, ada bermacam manfaat air kelapa yang bisa diperoleh, diantaranya menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung.

Diketahui, air kelapa yang banyak dapat kamu jumpai pada kelapa muda yang berwarna hijau. Sedangkan pada kelapa tua yang berwarna cokelat umumnya memiliki jumlah air yang cenderung lebih sedikit.

Melansir dari Alodokter, ada beragam manfaat air kelapa untuk kesehatan. Dalam satu cangkir (250 ml air) kelapa murni, terkandung sekitar 60 kalori dan berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Bahkan, air kelapa juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi air kelapa,

1. Mencegah dehidrasi
Mengonsumsi air kelapa, terutama dari kelapa muda yang memiliki kandungan air lebih banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini dapat mencegah tubuh kekurangan cairan yang bisa memicu terjadinya dehidrasi.

Selain mencegah kekurangan cairan, air kelapa juga bisa menggantikan cairan atau elektrolit yang hilang apabila dehidrasi disebabkan oleh kondisi tertentu, misalnya diare atau muntah berlebihan.

2. Mencukupi kebutuhan elektrolit
Air kelapa mengandung sejumlah elektrolit yang penting untuk tubuh, termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Elektrolit sendiri adalah zat mineral yang berfungsi untuk mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

Saat kamu mengonsumsi air kelapa, secara tidak langsung kebutuhan harian elektrolit di dalam tubuh kamu pun akan terpenuhi.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit
Berkat manfaat memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, air kelapa juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Pasalnya, jumlah air dan elektrolit yang seimbang di usus bisa membuat kotoran menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.