blank
Ketua Kadin Kabupaten Wonogiri, Rubiyanto (kiri), secara aklamasi terpilih kembali untuk memimpin pada periode 2022-2027.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Barangkali baru kali ini terjadi. Semua peserta Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wonogiri, wajib tampil bicara secara bergantian.

Muskab Kadin Wonogiri, Selasa (25/1), digelar di Gedung Graha Sraswati, Wonogiri. Mengambil tema ”Meningkatkan fungsi dan peran Kadin dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi serta mendorong UMKM yang profesional, Tangguh dan Mandiri.”

Muskab digelar sederhana dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Ini mengingat karena masih dalam konidisi pandemi Covid-19.

Ketua Panitia Muskab Kadin Wonogiri, Edi Purwanto ‘Sumba Putra’, menyatakan, Muskab diikuti 40 dari 50 anggota yang diundang. Mereka merupakan para tokoh wiraswasta yang bergerak di berbagai bidang bisnis.

Yang di dalamnya ada tokoh kontraktor, pengusaha transportasi, pengusaha perhotelan, kuliner, pengusaha wisata, pemilik pompa bensin SPBU, para direktur perbankan, direktur BUMD, direktur rumah sakit, pemilik apotek, peternak, pembisnis bidang pertanian, pengusaha real estate dan lain-lain.

Secara Aklamasi

Hadir memberikan sambutan, Ketua Kadin Kabupaten Wonogiri, Rubiyanto ST. ”Melalui Muskab ini, dipersilahkan untuk memilih figur ketua baru untuk menggantikan saya yang sudah dua periode,” ujar Rubiyanto.

blank
Para tokoh pengusaha dan pembisnis, hadir menjadi peserta Muskab Kadin Kabupaten Wonogiri di Gedung Graha Saraswati.

Masa bakti Rubiyanto telah berakhir Tanggal 16 Mei 2021 lalu. Tapi para tokoh pengusaha, mendesak agar Rubiyanto tetap bersedia memimpin lagi Kadin Wonogiri. Mereka terdiri atas Sriyanto SP, Drs Mulyadi MM, Eko, Kenthut Suryanto SH dan Sutarto.

Dari masukan yang dilontarkan para tokoh tersebut, akhirnya para peserta Muskab menyampaikan suara bulat atau secara aklamasi, untuk memilih Rubiyanto kembali menjadi Ketua Kadin lagi. Yakni untuk periode 2022-2027.

Muskab berjalan dalam warna demokratis, semua peserta diberikan kesempatan untuk maju sebagai kandidat ketua. Juga diberikan kebebasan untuk menyampaikan masukan, gagasan dan pendapat.

Sebelum Muskab ditutup, Ketua Panitia Edi Purwanto, mengumumkan, bersama Ketua Terpilih Rubiyanto dipilih empat tokoh untuk menjadi anggota tim formatur. Yakni Drs Mulyadi MM, Edi Purwanto, Sriyanto dan Lustin.

Kepada mereka, diberikan mandat untuk membentuk kepengurusan Kadin Wonogiri periode 2022-2027 secara lengkap, dengan amanat dapat mengakomodasi potensi para tokoh dari berbagai bidang usaha.

Bambang Pur