blank
(Foto: Ilustrasi)

Setiap orang pasti memiliki rasa insecure. Namun jangan biarkan rasa insecure tumbuh hingga membuat kita tidak semangat. Apa itu rasa insecure? Rasa insecure atau insecurity adalah rasa cemas bahkan malu yang timbul karena ada rasa ragu pada kemampuan diri sendiri yang tidak cukup baik hingga membenamkan rasa percaya diri. Biasanya terjadi karena rasa trauma atau pengalaman buruk di masa lalu atau pola didik keluarga sewaktu kecil hingga perlakuan orang-orang sekitar yang berlaku dan memandang negatif. Jika dibiarkan terus-menerus bisa berdampak pada keminderan, ragu untuk bersosialisasi, dan selalu berasumsi negatif. Maka, lawan rasa insecure dengan cara sebagai berikut:

1. Kenali dulu apa saja rasa insecure seperti apa

Kenali dulu tipe-tipe insecurity itu seperti apa sih. Tandanya berbeda-beda, seperti body image insecurity, relationship insecurity, social insecurity, bahkan job insecurity. Rasa insecurity yang pertama body image insecurity adalah rasa tidak percaya diri pada bentuk tubuh karena dirasa tidak ideal. Rasa insecurity kedua relationship insecurity adalah rasa tidak nyaman hingga timbul ketakutan dalam melakukan hubungan baik percintaan maupun pertemanan.

Selanjutnya rasa insecurity ketiga social insecurity yaitu adanya rasa tidak nyaman saat berinteraksi sosial sebab merasa ada asumsi orang tidak menyukai dan ada pembanding dengan orang lain. Insecurity keempat job insecurity adalah rasa khawatir berlebihan terhadap ketakutan kehilangan pekerjaan.

Keempat rasa insecure ini karena adanya trauma masa lalu yang melekat hingga menimbulkan rasa tidak percaya diri dan selalu bernegative thinking. Maka kenali dulu rasa insecure diri sendiri lalu lawan rasa insecure sesuai dengan jenisnya.

2.  Stop menjudge diri sendiri

Hindari memandang rendah dan negatif diri sendiri secara tidak logis. Padahal banyak sisi positif yang kita tak pernah menyadarinya maka kita harus tau sisi positif yang kita miliki. Dengan begitu kita tak akan pernah ada waktu untuk menghakimi diri sendiri.

3. Motivasi diri sendiri

Siapa lagi penyemangat diri kalau tidak diri sendiri? Suarakan dengan lantang dan selalu tanamkan dalam pikiran bahwa kita bisa.

4. Nikmati saja prosesnya pelan-pelan

Memang tak mudah melawan rasa insecure dalam semalam. Ikuti aja prosesnya pelan-pelan dan nikmati perubahannya.

5. Buat diri seolah kita baik-baik saja

Perlu bagi kita menatap cermin untuk melihat bagaimana ekspresi wajah dan bentuk tubuh kita saat kita merasa insecure. Ubah hal yang terlihat tidak baik dari segi mimik wajah menjadi lebih tidak terlihat cemas.

6. Bergaul dengan lingkungan yang memiliki aura positif

Ini penting bagi kita berada di lingkungan dengan aura positif dan saling menyemangati. Lingkungan yang baik akan menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa insecure yang kita miliki.

7. Puji diri sendiri

Berhasil melawan insecure dan menaklukkannya adalah rasa kebanggaan dan perlu mendapatkan pujian. Maka keberhasilan ini harus ada hadiahnya walaupun hanya memuji diri sendiri dan mengatakan “saya berhasil!”

8. Jangan segan minta bantuan orang lain yang dipercaya

Konsultasi kepada psikolog atau keluarga atau teman tidak ada salahnya untuk mengatasi perasaan insecure.