blank
Taman Kuliner Desa Kutowinangun Kebumen di barat lapangan desa setempat buka sejak Minggu 16/1.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Desa Kutowinangun, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, kini memiliki taman kuliner yang cantik dan representatif.

Berlokasi persis di barat Lapangan Kutowinangun. Tepatnya  di utara Jalan Raya Kota Kutowinangun, Kebumen. Dekat dengan SMPN 1 Kutowinangun.  Tak jauh dari areal pusat ekonomi, pusat pendidikan dan pemerintahan serta pasar tradisional.

Ya Kutowinangun secara administrasi pemerintahan memang masih bersatus desa. Namun sejatinya ini merupakan salah satu kota tua di Kebumen. Di wilayah ini juga memenuhi syarat sebagai kota kecil penyangga ibu kota kabupaten.

Terlebih wilayah Kecamatan Kutowinangun banyak peninggalan sejarah seperti  Bukit Bulupitu, Makam Trah Arung Binang dan Makam Ki Bumidirjo, sebagai cikal bakal pendiri Kebumen.

blank
Seorang wanita melintas di jalan depan Taman Kuliner Desa Kutowinangun, Kebumen.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Kutowinangun juga memiliki makanan khas seperti juadah dan aneka jenang , sate Ambal hingga makanan lokal lainnya.

Sejak Minggu 16/1 Pemerintah Desa Kutowinangun mencoba berinovasi membuka Taman Kuliner Desa Kutowinangun. Meski masih awal dan sederhana, taman kuliner itu mampu mengundang perhatian warga. Menyediakan aneka jajanan lokal. Ada angkringan, jajan anak hingga minuman dan jenang.

Kades Kutowinangun Fahmi Huda mengakui, saat ini Taman Kuliner Kutowinangun memang baru perintisan. Artinya menu kuliner yang dijual para pedagang kaki lima (PKL) juga belum lengkap. Namun pada saatnya akan ditambah dan dilengkapi kuliner khas  Kutowinangun.

Penulis yang mencoba mendatangi Tama Kuliner Kutowinangun Minggu (16/1) siang, menjumpai sejumla PKL membuka lapak di kios yang disediakan. Ada kios aneka sosis, pisang cokelat (piscok), cimol, bakso kuah, jenang tradisional, sempolan, rujak, lotek , seblak hingga angkringan.

Kemudian ada kios nasi bakar, aneka es buah dan es degan. Selebihnya beberapa kios masih kosong. Lokasinya strategis. Tak jauh dari pusat kota dan Pasar Kutowinangun. Menuju arah Stasiun Kutowinangun Kebumen dan menju ke arah Poncowarno.

Taman Kuliner Kutowinangun itu juga berdekatan dengan kompleks pendidkan dan pusat perkantoran. Pada hari Minggu pun lumayan ramai. Di hari biasa, tentu bisa menjadi jujugan anak sekolah. Yuk coba datang dan nikmati menu di Taman Kuliner Desa Kutowinangun.

Komper Wardopo