Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau vaksinasi siswa SLB Tamanwinangun, Rabu 12/1.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen selama dua hari penuh, Selasa dan Rabu (11-12/1).

Selama di Kebumen, Ganjar mengaku kagum dengan kemajuan Kebumen. Kota yang punya slogan Beriman (bersih, indah, manfaat, aman dan nyaman) ini sekarang terlihat lebih bersih, lebar, ekonomi masyarakatnya membaik.

Sebelummya Pak Ganjar juga mengunjungi Kecamatan Alian dan Karanggayam di Kebumen utara. Bahkan orang nomor satu di Jateng itu menginap semalam di kediaman Kades Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, pada Selasa (11/1) malam.

“Saya kira Kebumen saat ini sudah semakin baik, semakin maju. Jalan di kotanya lebih lebar, seperti kota-kota besar, bersih, ekonomi masyarakatnya pun semakin membaik,”ujar Ganjar di Kebumen, Rabu (12/1/2022).

Menurut Ganjar,  terlihat dengan semakin menjamurnya para pedagang di Kota Kebumen. Tempat nongkrong, kafe, dan resto juga telah banyak. Begitu pula  tempat perbelanjaan seperti mall dan swalayan. Kebumen sangat siap menjadi kota modern.

“Kalau ini terus ditingkatkan, ditata dan dikelola dengan baik,  Kebumen saya yakin sangat siap menjadi kota modern dan kota wisata. Potensi banyak. Kebumen punya laut, pegunungan, alamnya bagus. Wisatanya banyak, ada geopark (taman bumi). Tinggal bagaimana ini bisa dikelola dengan baik. Pemprov tentu siap memberikan dukungan untuk kemajuan daerah,”jelasnya.

Warga Lokal Harus Dilibatkan dalam Pembangunan

Gubernur juga telah mendengar di Kebumen bakal dibangun kawasan tambak udang modern atau shrimp estate di wilayah pesisir selatan. Ia berharap, shrimp estate ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, tentunya dalam hal peningkatan kesejahteraan warga lokal.

“Warga lokal harus dilibatkan dalam proses pembangunannya, karena program pembangunan goolnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pak Ganjar didampingi Bupati Arif Sugiyanto meninjau Kebun Kita di belakang Rumah Dinas Bupati.(Foto:SB/Ist)

Tak lupa, Ganjar juga diajak Bupati Kebumen Arif Sugiyanto untuk mengunjungi Pendopo Kabupaten Kebumen.  Ganjar diminta untuk melihat ‘Kebumen Kita Agri Smart’ di belakang rumah dinas Bupati. Ganjar tak menyangka ternyata ada sawah dan aneka macam sayuran.

“Ini saya lihat jarang ada, atau malah nggak ada rumah dinas belakangnya ada kebun sayuran, sawah, kolam ikan. Hasil perkebunannya lengkap. Kebutuhan makanan rumah dinas disuplai dari sini. Ini Bupatinya masih mudah, kreatif, bisa menjadi percontohan bagi yang lain, bagaimana agar memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. Keren!” Tandasnya.

Dalam rangkaian kunjungannya, Ganjar menyempatkan kesiapan vaksinasi di desa-desa dan di sekolah, termasuk di SLB Tamanwingaun Kebumen.

Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih berfoto bersama di SLB Tamanwinangun Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Ia melihat kesadaran masyarakat untuk vaksinasi sangat tinggi. Total vaksinasi di Kebumen sudah mendekati 80 persen. Ganjar meminta kepada pemerintah kabupaten agar vaksinasi terus ditingkatkan.

Bupati Siap Dukung Kebijakan Provinsi dan Pusat

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaniningsih mendampingi kunjungan Gubernur mengemukakan,  pihaknya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur ke Kebumen.

Sebagai pemimpin daerah, Bupati dan Wakil Bupati menyatakan siap mendukung kebijakan dari Provinsi dan Pusat. Terutama dalam penanganan Covid-19.

Kami sampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bapak Ganjar, Gubernur Jateng di Kebumen. Tentu apa yang menjadi arahan gubernur akan kita kerjakan, terutama dalam penanganan Covid-19, bagaimana vaksinasi ini bisa secepatnya mencapai 100 persen. Kemudian protokol kesehatan, dan penganan kemiskinan ekstrem di Kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

Komper Wardopo.