objek wisata air
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein. Foto: Yon

KOTA MUNGKID, (SUARABARU.ID): Seluruh objek wisata air yang ada di Kabupaten Magelang, dibuka kembali melayani para wisatawan. Pembukaan kembali seluruh objek wisata air tersebut, seiring wilayah Kabupaten Magelang masuk ke level 1 PPKM.

“Seusai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri yang menyatakan Kabupaten Magelang masuk dalam level 1 PPKM. Di dalam inmendagri tersebut tidak menyebutkan larangan wisata, maka seluruh destinasi wisata air di Kabupaten Magelang kembali dibuka,”kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, Senin ( 10/1/2022).

Husein mengatakan, ada puluhan obyek wisata air yang dikelola oleh perorangan maupun swasta di Kabupaten Magelang yang juga sudah boleh dibuka kembali. Selain itu, juga ada empat objek wisata air yang dikelola Pemkab Magelang dan dibuka kembali untuk masyarakat umum. Yakni, Pemandian Kalibening, di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Pemandian air hangat Candi Umbul, di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Telaga Bleder di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag dan Kolam Renang  Karet Mendut, di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Husein berharap, semua pengelola objek wisata yang ada di Kabupaten Magelang dan boleh beroperasional kembali tersebut  untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tentunya, penerapan protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan. Itu yang tidak bisa ditawar lagi,”tandasnya.

Ia menambahkan, seiring dengan  level I PPKM di Kabupaten Magelang, satu destinasi wisata di yang ada mendapatkan sertifikat CHSE bertambah satu lagi, sehingga jumlah total sebanyak 11 objek wisata yang menerapkan aplikasi PeduliLindungi, yakni Kolam Renang Karet Mendut.
Sebelumnya, ada 10 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Magelang yang lebih dulu mendapatkan sertifikat CHSE. Yakni, Taman Wisata Candi Borobudur, Ketep Pass, Desa Wisata Candirejo, Kecamatan Borobudur, Desa Bahasa dan Taman Kelinci, Desa Ngardogondo, Kecamatan Borobudur.

Kemudian, Jamur Borobudur, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Petik Madu, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Svarga Bhumi, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur.

Lalu, Rumah Tenun Magelang, Desa Tonoboyo, Kecamatan  Bandongan, Avadana Art Stone Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur  dan  Taman Nasional Gunung Merapi TNGM Jurang Jero, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung.  Yon