blank
Kegiatan kepramukaan di MTs NU Banat Kudus, diharapkan mampu meningkatkan iman dan takwa serta sikap peduli terhadap bangsa, Tanah Air. Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– Dasar yang mendasari kegiatan kepramukaan di MTs NU Banat Kudus adalah, upaya untuk membina watak peserta didik. Di antaranya, iman dan takwa serta sikap peduli terhadap bangsa, Tanah Air, sesama, dan alam seisinya.

Hal itu disampaikan Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah MPd, saat membuka kegiatan Penerimaan Anggota Penggalang MTs NU Banat Kudus, di lapangan sekolah, Selasa (4/1/2022). Kegiatan penerimaan anggota Penggalang ini diikuti 417 peserta didik, dan dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (4-5/1/2022).

Khusomah menyatakan, pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti peserta didik MTs NU Banat Kudus.

BACA JUGA: Selama Nataru, KAI Daop 4 Semarang Layani 160 Ribu Penumpang

”Oleh karena itu, perlu diselenggarakan penerimaan pramuka Penggalang di Gudep 01.128 MTs NU Banat. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta didik kelas tujuh,” ujarnya.

Dengan kegiatan yang positif dalam pramuka, lanjut dia, terbentuk karakter dan budi pekerti luhur yang beriman, berakhlak mulia, peduli lingkungan, menjunjung tinggi nilai-nilai patriotik dan nilai luhur bangsa. Dengan pramuka, keterampilan sosial anak akan terasah.

”Mereka akan belajar kepemimpinan yang baik, dan berlatih berani mengemukakan pendapat. Siswi-siswi MTs Banat diharapkan mampu mengamalkan Trisatya dan Dasadharma pramuka,” harapnya.

BACA JUGA: Ambulans Bawa Pasien Gawat Darurat Diminta Terus Jalan Saat Berpapasan dengan Rombongan Presiden di Grobogan

Sementara itu, salah satu panitia penerimaan Penggalang sekaligus pembina pramuka di MTs Banat Kudus, Eny Sulistiani menambahkan, tujuan digelarnya kegiatan itu antara lain, menanamkan nilai-nilai kepramukaan kepada peserta didik, serta memberikan kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif, dan produktif.

”Kegiatan ini menitikberatkan pada keterampilan kepemimpinan, kedisiplinan, dan memupuk rasa persatuan. Ada beberapa pelatihan keterampilan yang diajarkan selama kegiatan, yakni morse, semaphore, hiking, dan mancakrida (outbound),” jelas Eny.

Diungkapkan pula, ada beberapa lomba sebagai kegiatan kreatif dan rekreatif. Di antaranya lomba estafet sarung, lomba sandi atau morse, lomba cerdas tangkas pramuka, lomba hiking, dan lomba menggambar.

Berikut Daftar Pemenang:
Lomba Menggambar: Juara I Kelas 7G Anggrek, Juara II Kelas 7E Anggrek, Juara III Kelas 7B Matahari.
Lomba Estafet Sarung: Juara I Kelas 7A Anggrek, Juara II Kelas 7A Mawar, Juara III Kelas 7G Matahari.
Lomba Hiking: Juara I Kelas 7K Anggrek, Juara II Kelas 7A Mawar, Juara III Kelas 7G Matahari.
Lomba LCTP: Juara I Kelas 7H Matahari, Juara II 7F Mawar, Juara III Kelas 7G Melati.
Lomba Sandi: Juara I Kelas 7E Matahari, Juara II Kelas 7F Mawar, Juara III 7B Mawar.

Riyan