blank
Museum Lawang Sewu, Kota Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan varian Omicron, PT Kereta Api Pariwisata perketat penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk pengunjung Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa pasca libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M Ilud Siregar menyampaikan, sejak dibuka kembali di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pada Agustus 2021, KAI Wisata tetap menerapkan prokes di lokasi wisata gedung bersejarah Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

“Kami menyediaan fasilitas untuk higienitas para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun,” kata Ilud, Selasa (4/1/2022).

Pihaknya juga menghimbau agar pengunjung selalu menjaga jarak, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai prokes.

Menurutnya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung saat berwisata di Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa, beberapa prokes tetap diterapkan di kedua tempat wisata tersebut.

Selain itu, seluruh pekerja dan seluruh mitra juga telah melaksanakan vaksin, memasang spanduk dan flyer guna sosialisasi persyaratan kunjungan di Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

“Juga mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga security tambahan di gerbang pintu masuk yang bertugas mengecek sertifikat vaksin para calon pengunjung sehingga meminimalisir terjadinya antrian,” ujar Ilud.

Diketahui, saat ini Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan persyaratan pengunjung masuk ke museum wajib sudah vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum dan menerapkan prokes.

Sedangkan untuk anak usia 12 tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal vaksin dosis 1.

Disebutkan, hingga saat ini, kunjungan wisatawan yang datang ke Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa terus meningkat. “Ada lebih 177.938 pengunjung Lawang Sewu dan kurang lebih 36.190 pengunjung Museum KA Ambarawa yang datang,” tambahnya.

Sementara, untuk pengunjung yang menggunakan Kereta Wisata reguler sebanyak 10.000 penumpang dan yang menggunakan Kereta Wisata pola carter sebanyak 1.400 penumpang.

Dibukanya kembali Museum Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa diharapkan dapat menjadi pilihan masyarakat untuk bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

Untuk memudahkan dan meminimalisir kontak pengunjung, setiap masuk area museum telah menggunakan sistem Electronic Gate (E-Gate), sehingga proses alur masuk pengunjung ke area museum menjadi lebih praktis, dan menerapkan physical distancing.

Sedangkan untuk pembayaran tiket dapat dilakukan melalui aplikasi cashless yaitu Gopay, Ovo dan LinkAja.

Ning