blank
Tim gabungan memberikan bantuan masker gratis kepada pengunjung objek wisata Girimanik, Wonogiri, yang kedapatan tidak bermasker. Kepada mereka juga diberikan edukasi Prokes.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gabungan, mewajibkan para wisatawan yang melancong ke Wonogiri, mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Kepada mereka juga dilakukan tes swab antigen secara acak.

Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19, utamanya dalam mengantisipasi kemunculan kalster baru di objek wisata, khususnya pada momentum perayaan Natal 2021 dan keramaian Tahun Baru 2022.

Tim Gabungan tidak saja konsentrasi pada upaya pengamanan, tapi juga melakukan pencegahan penularan wabah virus corona disease di semua objek wisata di Kabupaten Wonogiri. Baik yang dikelola pemerintah, swasta dan desa.

Demikian ditegaskan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, Minggu (2/1), melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Suwondo dan Kasubsi Penmas Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono.

Terkait ini, Kapolsek Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto, tampil memimpin pengamanan di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur. Ini dilakukan bersama Kanit Binmas Aiptu Sugiarto, Ka SPKT II Aiptu Sularmo dan Anggota Reskrim Briptu Danar Setiyawan.

Gajahmungkur

Ikut dilibatkan pula tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wonogiri II dan pihak pengelola Objek Wisata Gajahmungkur Wonogiri. Kepada 21 pelancong dilakukan tes swab antigen, hasilnya negatif.

blank
Kapolsek Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto (kanan) dan anggota, memberikan pendampingan pelayanan tas swab antigen kepada pelancong yang rekreasi ke Objek Wisata Gajahmungkur.

Tindakan sama juga dilakukan pada pelancong yang berekreasi ke objek wisata Waterboom ”Lorencia Water Park,” di Dusun Jurug, Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir Kabag Logistik Polres Kompol Hadijah Sahab, Kasiwas Polres Iptu Wiyono, Kasubbagfaskon Bag Log Iptu Utami, Kasidokkes Ipda Lilik Suyono dan Kanit Samapta Polsek Iptu Sri Agung.

Tes Swab Antigen secara random pada 15 orang pengunjung, hasilnya negatif semua. Kepada pengelola dan pengunjung diserukan untuk disiplin mematuhi Prokes pencegahan Covid-19.

Di Objek Wisata Soko Langit, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Minggu (2/1), tes swab antigen dilakukan kepada petugas dan pelancong sebanyak 10 orang secara acak dan hasilnya negatif.

Kapolsek Bulukerto Iptu Sandiya, memimpin pengamanan dan tes swab di Objek Wisata Soko Langit. Ikut hadir personel Koramil Bulukerto, dan Pamawil Bagren Polres Iptu Wiyono.

Pantai Selatan

Kapolsek Tirtomoyo AKP Sukarjo, melaporkan, upaya penegakan disiplin (Gakplin) Prokes juga dilaksanakan di Objek Wisata Rumah Baru di Desa Genengharjo, Tirtomoyo, Wonogiri.

blank
Tes swab antigen dilakukan secara random kepada para pelancong yang berdarmawisata ke objek-objek rekreasi di Kabupaten Wonogiri.

Upaya Gakplin Prokes juga diberlakukan bagi pelancong Objek Wisata Pantai Selatan Parangupito, Wonogiri, dipimpin Kapolsek Iptu Susanto.

Gakplin dilakukan melalui Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD). Melibatkan Plt Camat, Warno, Kepala Puskesmas Dokter Indri Suwandono, Danposramil Pelda Sukisno.

KKYD ini mendapatkan bantuan anggota Polsek Giritiontro yang di BKO (Bawah Komando)-kan ke Paranggupito, dan mendapatkan pengawasan Tim Pamatwil Polres Kompol Kukuh Wiyono dan AKP Suryani.

Dilakukan pemeriksaan terhadap 60 mobil dan 220 sepeda motor yang dikendarai pelancong. Tim mengalami kendala tidak dapat mengoperasikan aplikasi peduli lindungi, karena daerah tersebut masuk dalam kawasan out of range karena tidak ada sinyal.

Bambang Pur