blank
Anggota Koramil-08 bersama personel Polsek Giriwoyo, Wonogiri, melakukan patroli malam Gakplin Prokes pencegahan Covid-19.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Terus ditingkatkan, penegakan disiplin (Gakplin) protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Yakni dengan menggelar patroli waktu siang dan juga malam hari.

Hal itu erat kaitannya dengan penyambutan hari raya Natal 2021 dan menyongsong momentum datangnya Tahun Baru 2022.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Serma Inra, Selasa (21/12), menyatakan, di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Gakplin Prokes dilakukan dengan menggiatkan patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Satuan Tugas Gugus Covid-19 Giriwoyo yang melibatkan personel Koramil dan Polsek serta aparat terkait, proaktif merondai tempat-tempat yang menjadi keramaian publik. Sasarannya, menjaring warga yang tidak bermasker.

Tim gabungan ini, sekaligus juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar mematuhi Prokes untuk mencegah wabah virus corona, termasuk mencegah varian Omicron.

Malam Hari

Batuud Koramil-08/Giriwoyo, Pelda Mukiyar dan Babinsa Serda Maryadi, melaporkan, patroli Gakplin pencegahan Covid-19 digelar siang dan malam hari. Kepada masyarakat diimbau untuk senantiasa memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi diri untuk tidak bepergian.

blank
Patroli Gakplin Prokes di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, memberikan pembinaan kepada pengunjung toko yang abai menggunakan masker.

Patroli malam tim gabungan, sekaligus disinergikan dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas agar kondusif dan terjauhkan dari gangguan tindak kriminal. Sasaran patroli malam, juga mengarah ke tempat-tempat yang dianggap rawan.

Sementara itu, Anggota Babinsa Koramil-19/Purwantoro Kodim 0728/Wonogiri, Sertu Rusdi, bersama tim gabungan melaksanakan patroli malam Gakplin Prokes ke toko swalayan.

Dalam patroli tersebut, tim gabungan juga memberikan pengarahan kepada karyawan toko dan para pembeli, untuk mematuhi Gakplin Prokes pencegahan Covid-19. Juga menyerukan untuk waspada terhadap kemungkinan munculnya tindak kriminalitas pada malam hari.

Patroli Gakplin Prokes juga dilaksanakan di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Babinsa Koramil-17/Sidoharjo Kodim 0728/Wonogiri, Serda Gunawan, yang melakukan monitoring wilayah, masih menjumpai warga yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas ke tempat keramaian publik.

Peringatan Lisan

Kepada warga yang abai memakai masker, mendapat teguran secara humanis sebagai bentuk peringatan secara lisan. Juga diberikan pengarahan tentang pentingnya mematuhi Prokes pencegahan Covid-19.

blank
Menyambut datangnya momentum Nataru, Satuan Tugas Gugus Covid-19 di tingkat kecamatan, serentak proaktif melakukan patroli Gakplin siang dan malam hari.

Di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, warga yang terjaring patroli karena tidak memakai masker, mendapatkan pengarahan dari tim gabungan yang melakukan patroli Gakplin Prokes.

Kecuali diberikan sanksi secara lisan, juga dipahamkan tentang pentingnya mematuhi Prokes. Bersamaan itu, kepada mereka diberikan masker secara gratis.

Danramil-14/Jatisrono Lettu (Inf) Cris Budi Riyanto, melaporkan, patroli Gakplin Prokes Covid-19, terus-menerus dilaksanakan tanpa mengenal hari libur dan tanggal merah. Tujuannya, agar mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputuskan.

Bambang Pur