blank
.Maulana Rifqi Arinal Haq

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Membanggakan. Di tengah semakin pudarnya pemakaian bahasa Jawa  di tengah-tengah masyarakat, khususnya anak-anak,  Maulana Rifqi Arinal Haq berhasil menorehkan prestasi gemilang.

Ia adalah  salah satu dari 638 siswa  SDIT Sultan Agung 05 Kalinyamatan, yang  saat ini duduk dibangku  kelas 6.  Maulana Rifqi Arinal Haq  berhasil meraih juara 1 Mendongeng Bahasa Jawa Kategori SD dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Ia adalah wakil Kabupaten Jepara dalam festival yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Povisi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud dan Ristek tanggal 19- 22 November di Hotel Lor in Solo.

blank
Kepala SDIT Sultan Agung 05 Kalinyamatan, Nurwidiyanti, S.Pd.

Rifqy begitulah nama panggilannya, memang anak yang ingin serba tahu. Putra pasangan Anis Nur Meleilana al Khafidh dan Nur Khasanah   yang tinggal di Bugo Welahan, ini  telah mampu menghafal 7 juz dan prestasi akademik 5 besar di kelas.

“ Ini  sangatlah penting,  karena  untuk memnguasai materi  mendongeng harus memiliki kekuatan daya ingat dan trampil dalam ekspresi dan penjiwaan berbagai karakter tokoh yg berbeda,” ujar Kepala SDIT Sultan Agung 05 Kalinyamatan, Nurwidiyanti, S.Pd.

blank
Maulana Rifqi Arinal Haq bersama pembinanya, Endang Tri Setyawati, S.Pd. SD

Menurut Nurwidiyanti, S.Pd, Maulana Rifqi Arinal Haq adalah siswa yang memiliki sikap disiplin, manut arahan pelatih, keinginan   untuk maju,  tidak ngambegan, dan  mau berkorban dengan ikhlas meninggalkan pelajaran demi latihan.

Sebab Rifqy  hanya memiliki   waktu 4 hari untuk latihan secara   full dengan bimbingan dan arahan  pelatih.   “Mengubah cerita dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa tentunya tidak mudah.  Apalagi ada tata krama dalam bahasa  Jawa yang berbeda – beda ketika berbicara kepada orang yang lebih tua, kepada  teman dan guru,” ungkap  Nurwidiyanti, S.Pd.

blank
Maulana Rifqi Arinal Haq berhasil meraih juara 1 Mendongeng Bahasa Jawa Kategori SD dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Ia juga mengungkapkan, untuk  pembiasaan mencintai bahasa  Jawa, anak memang butuh kedisiplin. “Karena itu  setiap hari Kamis,  pelajar  SDIT SULTAN AGUNG melakukan segala percakapan dengan bahasa Jawa,  baik dengan  guru maupun sesama  siswa,” paparnya

blank
Maulana Rifqi Arinal Haq saat mendongeng dengan tema “Dari Al Quran, menuai impian menjadi kenyataan”

“Dengan demikian  mereka bisa langsung praktik selama satu hari.  Mereka juga  harus  menghafalkan beberapa kosa kata dengan bimbingan  wali kelas..Akhirnya  ini menjadi sebuah kebiasaan dan karakter yang baik,” ungkap Nurwidiyanti, S.Pd. Saat ini SDIT Sultan Agung 05 Kalinyamatan didukung ustad ustazan 56 personil  dalam  proses pembelajarannya  sesuai dengan  misinya,  Membangun Generasi Khoiru Ummah

blank
Ustad dan Ustazah SDIT Sultan Agung 05 Kalinyamatan

Dengan keberhasilan Maulana Rifqi Arinal Haq, tentu ia menjadi model project, sebagai  duta bahasa Jawa di  Jawa Tengah. Ia harus menjadi teladan dalam hal penggunaan bahasa   Jawa, unggah ungguh,  tata karma. “

Semoga  dengan  mencintai bahasa Jawa, makin membuat kita bangga  sebagai bagian bangsa Indonesia. Utamakan bahasa Indonesia,  lestarikan bahasa  daerah dan kuasai bahasa asing,” pungkas Nurwidiyanti, S.Pd.

Hadepe