blank
Fentri/Hargo (sisi atas) saat berlaga di babak semi final lawan Lampung 2. Foto:dok/ist

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Cabang olahraga bulutangkis masih menjadi andalan tim Siwo PWI Jateng, untuk persiapan menuju Porwanas 2022 di Kabupaten Batu, Kota Malang, Jawa Timur.

Hal itu ditunjukkan dengan masih bertajinya pasangan ganda putra Fentri/Hargo, usai mampu menjadi yang terbaik di even Pra-Porwanas yang bertajuk Latihan Bersama Nasional Siwo PWI ini.

Tampil di GOR Bulutangkis Kopertis V di Jetis, Yogyakarta, Sabtu (13/11/2021), duet TVRI Jateng ini menjadi jawara, setelah mengalahkan pasangan Lampung 3, Peter/Sabda Illian, 24-22 dan 21-11.

BACA JUGA: STAI Al-Anwar Rembang Bawa Lima Gelar Juara dari UIN Malang

Selain Fentri/Hargo, Jateng juga menurunkan pasangan Muhaimin/Aman Ariyanto dan Solikun/Bowo Wiranto, yang gagal di babak perempat final.

Koordinator cabor bulutangkis Siwo PWI Jateng, Darjo Sojat menyebutkan, prestasi ini akan coba dipertahankan di Porwanas mendatang. Meski peserta pada Latihan Bersama ini tidak dihadiri semua perwakilan Siwo di Indonesia, namun setidaknya hasil ini bisa menjadi bahan evaluasi Siwo Jateng.

”Kami kira hasil ini menjadi modal untuk Porwanas mendatang. Namun demikian kita juga akan melakukan evaluasi, untuk wakil Jateng lainnya yang masih kurang beruntung,” kata Darjo dalam keterangannya usai laga.

BACA JUGA: Fokus Kelola PSIS, Tolak Politik

Sementara itu di cabor biliar, tim Siwo PWI Jateng tampil sebagai juara umum, pada even yang digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (12-13/11/2021).

Dari empat nomor yang dipertandingkan, Bola 9 Single/Double serta Bola 8 Single/Double, Tim Siwo PWI Jateng menjadi yang terbaik di nomor Bola 8 Single dan Double.

Pada laga final Bola 8 Double yang berlangsung di Rama Hanggar Billiard, Komplek Pakualaman, Yogyakarta, Tim Siwo PWI Jateng yang menurunkan pasangan Erwin Ardian (Tribun Jateng) dan Dian Chandra (Suara Merdeka), menang atas pasangan Lampung, Syahroni Yusuf/Furkon Ari, 3-1.

BACA JUGA: Momen HUT Brimob, Kapolda Resmikan Masjid dan Rusun untuk Anggota

Sedangkan di final Bola 8 Single, Siwo PWI Jateng yang meloloskan Erwin Ardian di laga puncak, mengalahkan juara Porwanas 2016/Bandung, Mustaqiem (Jatim), melalui pertarungan ketat, 3-2.

Ada pun di nomor Bola 9 Single, Siwo PWI Jateng harus puas meraih posisi kedua, setelah Hermansyah Bakrie kalah dari juara bertahan Mustaqiem (Jatim), 1-3.

Atas hasil ini, Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian mengaku cukup puas. Dengan segala keterbatasan yang ada, prestasi di cabor bulutangkis dan biliar membuatnya bangga.

BACA JUGA: Kepala Badan Kesbangpol: Masyarakat Harus Tetap Waspada, Karena Covid-19 Masih Ada

”Kami bersama KONI Jateng dan PWI Jateng akan terus mendorong peningkatan prestasi di cabang olahraga yang lain,” ungkap Erwin.

Dari sembilan cabor yang dipertandingkan itu, Jateng hanya ambil bagian di lima cabor, bulutangkis, biliar, bridge, futsal dan sepak bola, dengan total 47 atlet.

Jateng absen di cabor tenis lapangan, tenis meja, catur dan atletik. ”Selain persoalan pembinaan, regenerasi juga menjadi salah satu persoalan yang harus segera kami benahi,” tandasnya.

BACA JUGA: Tak Lagi Gunakan Alkes Bermerkuri, RSUD KRT Setjonegoro Terima Piagam dari Kemenkes RI

Sementara itu, Ketua PWI jateng, Amir Machmud NS menyambut gembira hasil ini. Dia menyebut, hasil ini bisa menjadi catatan Siwo PWI Jateng untuk persiapan di ajang yang lebih besar, Porwanas 2022.

”Kami berharap, jajaran pengurus Siwo PWI Jateng segera melakukan evaluasi dari cabor-cabor yang ikut dalam Latihan Bersama di Yogyakarta kemarin,” pesan Amir.

Riyan