Wakil Ketua Baznas Provinsi Jateng, Drs HM Zain Yusuf MM (tengah), menyerahkan bantuan peralatan dakwah virtual, kepada Ketua MUI Jateng, Prof Dr H Abu Rokhmad MAg, di Kantor Baznas Jalan Menteri Supeno Semarang, Jumat (22/10/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah, berikan bantuan berupa peralatan dakwah virtual, kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng.

Bantuan diserahkan Wakil Ketua Baznas Drs HM Zain Yusuf MM, kepada Ketua MUI Jateng Prof Dr H Abu Rokhmad Musaki MAg, di Kantor Baznas, Jalan Menteri Supeno, Semarang, Jumat (22/10/2021).

Hadir dalam acara itu, Wakil Ketua Baznas Drs KH Ahmad Haldor Ihsan, Sekretaris Umum MUI Drs KH Muhyiddin MAg, Dr H Multazam Ahmad dan Drs H Agus Fathuddin Yusuf MA serta Kepala Sekretariat MUI H Sukirman SSos.

BACA JUGA: Uji Coba Lawan Persiba Bantul, PSIW Main Imbang 1-1

Zain Yusuf menjelaskan, bantuan yang diserahkan berupa layer LCD Proyektor, Laptop, Soundcard, Webcam, Microphone Wireless, Sound Koper serta beberapa peralatan pendukung lainnya.

”Peralatan dakwah ini kami sampaikan, untuk mendukung dakwah MUI melalui internet, dakwah virtual, daring atau luring. Dan semoga bantuan ini ada manfaatnya,” kata Zain, dalam keterangannya.

Menurut dia, tren dakwah di zaman modern ini tidak cukup melalui mimbar, tetapi harus menggunakan teknologi. Ini dilakukan, agar daya jangkaunya semakin luas dan tidak terbatas.

BACA JUGA: Mayat Ny Sutiem Akhirnya Ditemukan di Muara Sungai Sampang Waduk Sempor

”Kalau dulu mungkin cukup menyampaikan pesan dakwah lewat mimbar. Tetapi hari ini dan ke depan, dakwah harus didukung teknologi terutama internet. Karena itu dibutuhkan peralatan audio visual yang memadai, sekaligus alat-alat yang mendukung berbasis IT,” imbuh Zain, yang pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, Semarang itu.

Sedangkan Ketua MUI Jateng Prof Dr H Abu Rokhmad Musaki MAg menyatakan, media informasi dan komunikasi terus berkembang dengan pesat.

”Sekarang ini, siapa pun dapat berkomunikasi kapan pun dan di mana pun. Informasi berseliweran begitu cepatnya. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di belahan bumi mana pun, dapat segera diketahui dalam hitungan detik,” terangnya.

BACA JUGA: IDI bersama LAZiS Jateng Gelar Layanan Kesehatan Gratis untuk Lansia dan Balita 

MUI Jateng melalui berbagai halaqah dan pelatihan kader ulama, telah menyampaikan sosialisasi, untuk mengajak para kiai, alim ulama, pimpinan pondok pesantren, pimpinan ormas Islam, untuk meningkatkan peran dakwahnya melalui media sosial.

”Memang dakwah bilmedsosiah harus kita tingkatkan,” kata Abu Rokhmad, yang kini menjadi Staf Ahli Menteri Agama RI itu.

Diungkapkan dia, generasi milenial kini tidak mau lagi menunggui berlama-lama pengajian di depan mimbar. Mereka cukup mengaji bersama Gus Baha, Gus Miftah, Gus Mus, Gus Muwafieq, Habib Lutfi bin Ali Yahya, KH Ahmad Zahid, melalui handphone masing-masing.

”Generasi Z masih suka mengaji, tetapi melalui hp yang bisa dibawa kemana-mana,” tutur Abu Rokhmad.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here