blank
Ketua Umum LGNOTA Provinsi Jateng Hj Zaimatun Ali Mufiz, saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi LGNOTA, di Anjungan Kota Semarang, Puri Maerokoco, Komplek PRPP Semarang, Sabtu (23/10/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGNOTA) Provinsi Jawa Tengah, Hj Zaimatun Ali Mufiz, mengapresiasi performa penyaluran bantuan anak asuh di sejumlah kabupaten.

Di antaranya di Kabupaten Demak dan Karaganyar yang tetap terjaga eksistensinya, dengan merealisasikan penyaluran bantuan masing-masing lebih dari Rp 1 miliar.

Hal itu disampaikan Zaimatun dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi LGNOTA Provinsi Jateng, di Anjungan Kota Semarang Puri Maerokoco, Komplek PRPP Semarang, Sabtu (23/10/2021). Rakor diikuti pengurus LGNOTA dari 30 Kabupaten/Kota di Jateng, serta pengurus provinsi.

BACA JUGA: Zaman Milenial Dakwah Harus Didukung Teknologi Internet

Menurut istri mantan Gubernur Jateng Ali Mufiz itu, pada masa pandemi covid-19, diperlukan trik-trik cerdas dalam rangka menjalankan misi organisasi, yakni memberikan dukungan kepada wajib belajar pendidikan dasar.

Tidak dapat dipungkiri, apabila pandemi berpengaruh terhadap ketahanan ekonomi masyarakat, yang menyebabkan menurunnya potensi Calon Orang Tua Asuh.

”Rakor ini menjadi kesempatan untuk berbagi cerita antarpengurus LGNOTA kabupaten, dalam menggalang potensi orang tua asuh, dan menyalurkan bantuan kepada anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu,” kata Zaimatun.

BACA JUGA: Uji Coba Lawan Persiba Bantul, PSIW Main Imbang 1-1

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jateng, Frigit Nur Cipto menambahkan, LGNOTA telah membantu anak-anak bangsa dalam meraih pendidikan dasar, sebagaimana program pemerintah yang mencanangkan Program Wajar 9 tahun.

Harus diakui, apabila saat ini masih ada anak-anak yang kurang beruntung memperoleh pendidikan dasar.

Rakor LGNOTA Provinsi Jateng Tahun 2021, diharapkan dapat meningkatkan peran serta pembangunan di bidang pendidikan Nasional.

Rakor memberikan kesempatan kepada enam kabupaten yang memiliki kisah sukses dalam menggalang potensi orang tua asuh. Kabupaten itu meliputi, Demak, Pati, Karanganyar, Wonosobo, Brebes, dan Semarang. Masing-masing perwakilan kabupaten itu menyampaikan trik-trik yang dilakukan, dalam upaya penggalangan Calon Orang Tua Asuh.

Riyan