blank
Tim SAR Gabungan mengangkat mayat korban,Ny Sutiem (47) di muara Waduk Sempor, Kebumen, Minggu 24/10.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Setelah dua hari melakukan pencarian, Tim SAR Gabungan berbagai elemen yang dikoordinasi Basarnas Cilacap dan BPBD Kebumen, berhasil menemukan mayat Ny Sutiem (47), warga Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kebumen, di muara Sungai Sampang, Waduk Sempor.

Korban ditemukan sekitar Pukul 14.30, di muara Kali Sampang Waduk Sempor. Berjarak sekitar 4 kilometer dari lokasi kejadian saat wanita itu terjatuh dan hilang terseret banjir. Saat kejadian pada Jumat (22/10) petang, korban menjemput anak perempuannya Surtini (14) yang mengaji. Keduanya pun menyeberangi jembatan hendak pulang.

Sesampai di atas jembatan dan saat hujan deras, jembatan itu ambrol. Anak perempuannya yang berjalan di depan selamat. Tetapi malang Ny Sutiem jatuh ke sungai dan tubuhnya langsung terseret derasnya air.

Bakohumas Pusdalops BPBD Kebumen Heri Purwoto menjelaskan, kegiatan pencarian dan penyisiran di Desa Sampang Kecamatan Sempor telah membuahkan hasil. Pada hari Minggu (24/10) korban atas nama Ibu Sutiem, warga RT 01 RW 03 Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor ditemukan telah meninggal.

Jembatan Ambrol Terkena Banjir

Wanita tersebut hilang pada hari Jumat 22 Oktober 2021, saat menyeberangi Sungai Sampang melalui jembatan. Namun nahas saat korban tepat di atas jembatan, tiba tiba jembatan kecil itu ambrol dan korban hanyut terbawa arus sungai yang saat itu sedang meluap.

Pencarian lanjutan pada Minggu (24/10) dimulai pukul 08.00 WIB diawali apel pagi bersama Tim SAR Gabungan. Pelaksanaan kegiatan Tim SAR dibagi menjadi enam regu dengan wilayah kerja 2 tim menggunakan perahu karet menyisir waduk sempor, dan 4 tim menyusuri sungai sepanjang 4 km.

Penyisiran dari loaksi kejadian hingga Waduk Sempor. Pada Pukul 14.30WIB korban ditemukan di muara sungai yaitu kawasan Waduk Sempor dengan kondisi meninggal dunia, dengan radius 4 km dari LKP. Korban selanjutnya di serahkan ke rumah duka untuk dimakamkan.

Unsur Tim SAR Gabungan melibatkan Basarnas Cilacap, BPBD Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Polres Kebumen dan Polsek Sempor, Satpol PP, Gertak, RAPI, Orari, PMI , SAR Lintas, Bagana, Kebumen Rescue, Kowara, MDMC, SAR MTAa, Banser, Usar, Destana, Cilacap Rescue, Sergap Rescue, potensi SAR lain dan masyarakat serta keluarga.

Dengan penemuan korban kecelakaan di air tersebut maka operasi pencarian oleh Tim SAR Gabungan dihentikan.

Komper Wardopo