Tim Dosen bersama para Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, memberikan Bimtek kepada para pelaku UMKM.
SOLO (SUARABARU.ID) – Tim dosen dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, membimbing para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dosen ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, Kamis (14/10), menyatakan, pembimbingan UMKM berlangsung melalui bimtek visual branding.

Bimbingan teknik ini bertajuk Program Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan Tahun 2021, dengan peserta kegiatan start up non digital.

Kegiatan ini, diinisiasi oleh Solo Technopark bekerjasama dengan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta.

Berlangsung secara luring dengan pembimbing sebanyak 5 orang dosen dan 15 mahasiswa.
Desain Kemasan
Pembimbingan terdiri dari 4 pertemuan, berupa rangkaian yang sudah dilakukan oleh Solo Technopark bekerjasama dengan Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Ini bertujuan untuk meningkatkan UMKM yang ada di wilayah Surakarta, agar mampu lebih berkembang dalam menyongsong masa depannya.

Sebanyak 15 orang pelaku menjadi peserta Bimtek ini. Mereka mendapatkan materi seputar tujuan dan manfaat visual branding, utamanya terkait dengan logo dan desain kemasan.

Hal itu memiliki arti penting bagi para pelaku UMKM, terlebih mereka yang baru merintis usahanya di aneka ragam bisnisnya. Yakni seperti usaha kuliner coklat, kue, makanan, minuman olahan dan herbal.

Bimtek ini bertempat di Co Working Space Solo Technopark, dengan mamatuhi Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Visual Branding

Asmoro Nurhadi Panindias, selaku dosen pendamping dan Kaprodi DKV ISI Surakarta, memaparkan, kegiatan ini sengaja melibatkan mahasiswa.

Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan sekaligus mencoba tantangan di dalam visual branding. Khususnya kepada UMKM secara nyata.

Di sisi lain, Bimtek ini sekaligus sebagai wujud memberikan manfaat di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai solusi di masyarakat.

Dosen pendamping, Ipung Kurniawan Yunianto, menambahkan, Bimtek ini, memiliki arti penting bagi pelaku UMKM untuk mendorong kemajuan usahanya agar makin berkembang.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here