Ketua Panitia HSN PC NU Kota Magelang, Habib Fata Al-Zahir, (Dok PC NU Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Santri Nusantara 2021, PC NU Kota Magelang menggelar kegiatan ‘Santri Nusantara Startup UMKM Competition’. Lomba ide bisnis ini menyediakan total hadiah untuk modal usaha sebesar Rp 3.000.000.

‘’Tujuannya untuk mendorong tumbuhnya usaha kecil dan mikro,’’ kata Ketua Panitia HSN PC NU Kota Magelang, Habib Fata Al-Zahir, Senin (11/10).

Dia menerangkan, lomba ini bagian dari motivasi para pelaku UMKM. Sesuai dengan tema HSN 2021 ‘’Semangat Resolusi Jihad untuk Pemberdayaan Ekonomi, Momentum Kolaborasi Akselerasi Semua Ummat’’.

Menurutnya, pademi Covid-19 banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan usahanya gulung tikar. Maka dari itu momentum HSN tahun ini untuk menumbuhkan kembali dan memberi semangat pelaku usaha untuk segera bangkit.

‘’Kami mengundang para santri, warga nahdliyin dan masyarakat umum untuk mengikuti lomba ide bisnis ini. Sebagai ajang untuk mengasah kemampuan berbisnis,’’ ujarnya.

Sekretaris HSN PC NU Kota Magelang, Sholahuddin mengatakan, registrasi untuk mengisi form pendaftaran dimulai 1 -27 Oktober. Peserta tidak perlu repot membuat proposal bisnis plan, tapi cukup mengisi form pendaftaran secara online.

‘’Form pendaftaran itu meliputi narasi usaha dan produknya seperti apa. Dari kelengkapan administrasi itulah nanti tim juri akan menentukan 10 terbaik yang akan melaju ke babak final. Kemudian akan dipilih 3 terbaik untuk mendapatkan modal sebesar Rp 3.000.000,’’ katanya.

Dia menuturkan, pada saat final 10 besar, masing-masing peserta wajib presentasi dan dilakukan secara virtual. Dari presentasi itu akan menjadi pertimbangan dewan juri untuk menentukan siapa yang menjadi 3 terbaik.

‘’Ini terbuka untuk yang baru punya ide bisnis atau yang sudah memiliki bisnis UMKM, tapi baru stagnan terdampak pandemi dan butuh suntikan modal. Masuk 10 besar peserta akan mendapatkan mentoring dalam melakukan perencanaan bisnis. Untuk mendaftar cukup klik link ini : https://bit.ly/3DgAFZO,’’ terangnya.

 

Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here