pelatihan jurnalistik
Nara sumber pelatihan ,Anis Efizudi ( fotografer LKBN Antara) sedang memberikan materi teknik mengambil gambar pada pelatihan peningkatan kemampuan fungsi kehumasan bagi anggota Polres Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Polres Temanggung melaksanakan pelatihan jurnalistik bagi 40 personelnya. Kegiatan tersbeut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia Polri khususnya jajaran Humas Polres Temanggung.

“Kegiatan pelatihan ini diikuti 40 personel Polres Temanggung, yang terdiri atas para bhabinkamtibmas di seluruh jajaran polsek yang ada di Polres Temanggung, juga perwakilan dari masing-masing bagian, satuan dan seksi,” kata Kepala Bagian Operasional Polres Temanggung, Kompol Rachmat Effendi.

Rachmat mengatakan, pelatihan  jurnalistik tersebut diberikan untuk meningkatkan kemampuan teknis kehumasan dan pengelolaan informasi dan dokumentasi, multimedia.

Diharapkan,  personel Polres Temanggung yang mengikuti pelatihan tersebut, nantinya bisa menambah ilmu dan wawasan untuk diterapkan dalam menjalankan tugasnya.

Menurutnya, di era perkembangan digital saat ini dan transparansi, personel Polri dituntut berinovasi dalam memberikan kontribusi bagi jajaran Polri dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Selain itu, pelatihan jurnalistik tersebut para peserta dapat membendung  berita-berita bohon tang disebarkan oleh sekelompok orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Pelatihan ini sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan sumber daya manusia Polri khususnya jajaran Humas Polres Temanggung, karena hasil dari foto jurnalistik sendiri merupakan media bagi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Temanggung,” ujarnya.

Selain itu, para peserta pelatihan  tersebut diibekali tata cara penulisan berita, cara memasukkan naskah berita beserta foto. Juga cara memfoto dan mengambil video pada objek yang baik serta cara mengelola media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dengan benar.

Adapun narasumber pelatihan tersebut yakni Anis Efizudin ( fotografer LKBN Antara) yang memberikan materi teknik pengambilan foto  dan Didik Dono Hartono ( wartawan MNC Grup) tentang cara pengambilan video dan  editing. Yon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here