Habib Ja'far Bin Muhammad Alkaff. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencanangkan nama Habib Ja’far Al Kaff sebagai nama salah satu jalan di kota ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa ulama kharismatik asal Kudus tersebut.

Pencanangan nama jalan baru dari sebelumnya Jalan Masjid menjadi Jalan Habib Ja’far Al Kaff ditandai dengan pembukaan tirai papan jalan oleh Bupati Kudus Hartopo, Kamis (23/9).

“Ini baru pencanangan nama jalan saja, karena sesuai ketentuan nama tokoh bisa dijadikan nama jalan setelah lima tahun meninggal. Sedangkan Habib Ja’far sendiri tutup usia pada 1 Januari 2021,” kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Kamis.

Sementara saat ini, kata dia, masih tahap sosialisasi kepada masyarakat sehingga nantinya saat ditetapkan masyarakat sudah terbiasa dengan nama jalan baru tersebut.

Ulama kharismatik dengan nama lengkap Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid bin Umar Al Kaff itu, kata dia, merupakan warga asli Kudus. Almarhum juga sosok ulama yang tenang dalam berbicara dan mengajarkan masyarakat tentang cinta Tanah Air.

“Beliau merupakan salah satu ulama besar yang menjadi panutan bagi murid dan masyarakat di Kabupaten Kudus. Sehingga perlu diupayakan agar generasi penerus mengetahui perannya semasa hidup,” ujarnya.

Ia mengakui pencanangan nama Habib Ja’far menjadi nama jalan merupakan usulan keluarganya, namun tetap dirapatkan terlebih dahulu, kemudian permohonan tersebut bisa diterima dan diproses sesuai ketentuan perundang-undangan.

Papan nama jalan, kini ada dua karena sifatnya masih pencanangan sehingga nama Jalan Masjid masih tetap terpasang di sisi utara Masjid Agung Kudus bersamaan dengan nama baru Jalan Habib Ja’far Al Kaff.

Ant-Tm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here