blank
Jajaran manajemen PT Angkasa Pura I (AP I) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang berfoto bersama usai menerima penghargaan Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year dari Airport Council International (ACI) yang dilakukan secara virtual. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Angkasa Pura I (AP I) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerima penghargaan prestisius level dunia sebagai Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year.

Penghargaan prestisius tersebut diraih dalam perhelatan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) yang diadakan rutin setiap tahunnya dan diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI).

General Manager PT AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto, menjelaskan, penghargaan ini telah diumumkan ACI pada Maret lalu, namun beberapa hari lalu dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual dan disaksikan pejabat serta karyawan.

“Penghargaan yang kami terima ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara,” katanya.

Hardi menjelaskan, meskipun berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, AP I senantiasa berupaya untuk tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.

Tak hanya itu saja, dirinya menjelaskan mulai dari aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan juga dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. Meskipun tantangan ini cukup sulit, AP I senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini sehingga tetap berjalan dengan baik.

ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada penyelenggaraannya kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.

“Mewakili manajemen, saya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I dan para stakeholder terkait lainnya atas kerja keras dan pengorbanan selama ini, terlebih di masa pandemi. Semoga penghargaan ini dapat jadi sumber penyemangat bagi kita semua untuk dapat selalu memberikan yang terbaik,” katanya.

Lebih lanjut, Hardi menyatakan, pihaknya selalu dan senantiasa mendengarkan suara konsumen, baik itu berupa kritik, saran, dan masukan. Hal tersebut guna meningkatkan standar kualitas layanan, serta untuk dapat memberikan pengalaman pengguna atau customer experience yang tak terlupakan ketika berada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Hery Priyono