blank
Penyerahan Piala dan hadiah kepada Nailatul Rikza Amaliya , Gusti Putri Tyarawardani dan Rona Naila Uzla

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tuntas sudah final LCCM (Lomba Cerdas Cermat Museum) jenjang SMP/MTs Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Museum Jawa Tengah Rabu – Kamis, 8 – 9 September 2021.

Hasilnya, Tim  SMP Negeri 1 Jepara atau Tim Espentura,  wakil dari Bakorwil Pati meraih juara 2 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan total skor 1000.

Finalis LCCM Tahun 2021 ini diikuti 6 tim terbaik dari setiap Bakorwil di Provinsi Jawa Tengah, yaitu SMP N 2 Kertanegara (Bakorwil Banyumas), SMP N 1 Muntilan (Bakorwil Kedu), SMP N 1 Jepara (Bakorwil Pati), SMP N 14 Pekalongan (Bakorwil Pekalongan), SMP Islam Al Azhar 14 (Bakorwil Semarang), dan SMP N 4 Boyolali (Bakorwil Boyolali).

Para finalis ini merupakan pemenang terbaik hasil seleksi Karya Tulis Ilmiah yang mengkaji Kebudayaan, Sejarah dan Permuseuman.

blank
Haryanto, S.IP., M.Acc. (Kabid SMP), Ahmad Nurrofiq, S.Pd,. M.Pd. (Kepala Sekolah dan Pembina) dan Tim LCCM ESPENTURA, SMPN 1 Jepara

Diajang ini, tim LCCM ESPENTURA diwakili oleh Nailatul Rikza Amaliya (ketua), Gusti Putri Tyarawardani dan Rona Naila Uzla (anggota). Tim ini merupakan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Kebudayaan, Sejarah dan Permuseuman jenjang SMP/MTs Kabupaten Jepara yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara pada awal Agustus 2021.

Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Jepara sekaligus Pembina Tim menjelaskan bahwa soal LCCM berupa jawaban singkat dan tebak gambar yang meliputi tiga ruang lingkup yaitu Permuseuman Sejarah Kebudayaan Indonesia, dan Sejarah Perjuangan Indonesia.

“Pada final LCCM ini, setiap tim diberi 6 soal wajib (jawaban benar skor 100 dan jawaban salah skor 0), dan 4 soal lembar rebut (jawaban benar skor 100 dan peserta perebut jika salah menjawab atau tidak dapat menjawab dalam 5 detik diberi pengurangan skor 50).

Diakhir babak, diberikan 50 soal rebutan yang boleh dijawab oleh tim yang tercepat menekan bel. Aturan soal rebutan ini, jika jawaban benar skor 100 dan jika salah menjawab atau tidak dapat menjawab dalam 5 detik diberi pengurangan skor 50”.  Imbuh Ahmad Nurrofiq.

Seusai pengumuman juara dan penyerahan piala, Haryanto, S.IP., M.Acc selaku Kabid SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara langsung memberikan ucapan selamat kepada Tim SMP Negeri 1 Jepara atas capaian Juara 2 Final LCCM Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

“Terimakasih kepada Tim dan Pembina yang telah berusaha semaksimal mungkin. Semoga diajang yang akan datang, wakil Kabupaten Jepara dapat meraih yang terbaik,” ujar Haryanto.

Hadepe – Agus Prianto