Narasumber semdaya Digya Trisakkti

JEPARA (SUARABARU.ID ) – Sebagai salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Jepara ke 475 dan Hari Kartini ke 145, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara menyelenggarakan seminar Digdaya Trisekti Jepara. Dalam seminar ini dihadirkan tiga narasumber yaitu Dr Irwansyah tenaga ahli pimpinan MPR RI Lestari Moerdijat, Dra Siti Mardiyah akademisi dari Undip dan Susi Ernawati Susindra aktivis budaya Jepara.

Acara yang berlangsung di museum RA Kartini ini diikuti oleh guru sejarah dan siswa SLTA di Jepara ini dibuka oleh Pj Bupati Jepara yang diwakili Kadispartabud, Moh Eko Uddyyono yang diselenggarakan pada Selasa (23/4-2024)

Dalam sambutannya Eko Uddyyono menyebut Jepara yang memiliki 3 tokoh perempuan, Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA Kartini. “Beliau adalah inspirator Jepara. Karena itu spirit dan gagasannya harus terus kita hidupkan,” ujarnya.

Tari Triisakti karya Aris Setiasih

Sementara Dr Irwansyah dalam paparannya menjelaskan setelah Ratu Kalinyamat mendapatkan anugerah sebagai pahlawan nasional, sudah saatnya Jepara mulai merintis karya global Trisekti Perempuan Jepara melalui museum yaitu mengabadikan peninggalan Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA Kartini.

Harapannya melalui museum itu dapat memperkuat slektrum.pewarisan spirit dan karakternya.

Sedangkan Dr Siti Maziyah menguraikan pentingnya menyingkap sejarah Ratu Shima. Namun tidak mudah sebab masa yang sangat lama, sekitar abad ke VII. “Karena itu harus ada tekad kuat dari pemerintah,” terangnya.

Sementara Susi Ernawati Susindra, aktivis budaya Jepara memguraikan tentang Sekolah Kartini pada tahum 1903-1905.

Sindi Novitasari – Hadepe