Oleh : Dr. H. M. Fakhruddin

Ramadan hampir usai, lebaran telah menjelang. Saatnya kita memanen apa yang telah dilakukan selama bulan Ramadan yakni kita mendapatkan ridlo dan pahala dari Allah SWT. Juga apabila kita dapat menjalankan puasa secara benar dengan dilandasi keikhlasan diri semoga kita akan menjadi sehat dan tercegah dari beberapa penyakit selama sebelas bulan ke depan sebagaimana Hadits Nabi “ berpuasa supaya menjadi sehat”.

Berpuasa secara sehat dan benar dengan memperhatikan menu gizi seimbang, perbanyak sayur, buah, olah raga dan istirahat yang cukup serta selalu mendekatkan diri pada Allah dengan ibadah malam akan menjadikan tubuh dan pikiran sehat dan bugar.

Sebulan berpuasa akan menjadikan sistim pencernaan menjadi sehat, mencegah penyakit karena problem makanan, daya tahan tubuh meningkat, otak semakin cerdas, fungsi hormon optimal serta dapat menghilangkan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Setelah puasa apakah kita bisa menjaganya?

Berikut, tips tetap sehat selama lebaran :

  1. Makanlah secukupnya jangan berlebihan
  2. Makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineraldan vitamin
  3. Perbanyak minum, sayur dan buah
  4. Hindari makanan pantangan bagi penderita penyakit tertentu
  5. Hati-hati makanan jajanan, pilih yang bersih, tidak basi, tertutup danterhindar dari lalat
  6. Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan
  7. Hindari aktifitas yang berlebihan dan istirahat yang cukup
  8. Tetap olah raga teratur
  9. Siapkan dan selalu minum obat resep dokter bagi penderita penyakit tertentu
  10. Jika sakit berlanjut segera konsultasi dan berobat ke Dokte

Nasihat tersebut sebenarnya sama persis bila kita menerapkan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari maka niscaya kesehatan kita akan terpelihara. QS. Thahaa (20): 81 yang artinya : “Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaanKu menimpamu. Dan barang siapa ditimpa kemurkaanKu, maka binasalah ia”. QS. Al Baqarah (2): 168 yang artinya : “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”.

Juga ada cara lain untuk menghindari penyakit- penyakit selama lebaran yakni sesuai HR Muslim: “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”. Saat lebaran banyak makanan, bila tidak puasa pasti kita lahap semua.

Tapi jika saat berlimpah makanan kita berpuasa, maka insyaAllah kita dapat menahan nafsu untuk makan berlebihan dan mampu mengatur pola makan. Maka beruntunglah bagi yang melakukan puasa Syawal, semakin dekat dengan Allah, juga akan semakin sehat.

Penulis adalah anggota IDI Cabang Jepara dan FKTP BPJS Kesehatan Bangsri