blank
Pengguntingan rangkaian bunga melati dilakukan sebelum dan peninjauan gedung. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Pada 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Demak meresmikan empat bangunan gedung, yakni Puskesmas Guntur II, Puskesmas Bonang II dan Puskesmas Karangawen II, dan gedung Public Safety Center (PSC) 119, di Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak.

Sedangkan di tahun ini, kembali meresmikan dua gedung puskesmas baru, yakni Puskesmas Karanganyar 2 dan Puskesmas Mranggen 3. Dan pelaksanaan peresmian kedua puskesmas itu dilakukan Bupati Demak HM Natsir, di halaman Puskesmas Karanganyar 2, Selasa (6/4/2021).

Dalam laporannya, Kadinkes Guvrin Heru Putranto berharap, pihaknya dapat memberikan fasilitas yang baik, dan meningkatkan mutu kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA: Disdikpora Wonosobo Canangkan WBK-WBBM, Seperti Apa?

”Dengan adanya puskesmas baru ini, diharapkan Demak semakin baik dalam memberikan fasilitas kesehatan, dan meningkatkan mutu kesehatan kepada masyarakat,” kata Guvrin.

Ditambahkan dia, Dinkes Kabupaten Demak juga merencanakan pembangunan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, pada tahun ini juga.

Sementara itu, sambutan Bupati Demak HM Natsir yang dibacakan Wakil Bupati Joko Sutanto menyampaikan, penambahan gedung baru itu harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

blank
Bupati Demak HM Natsir menandatangani prasasti, saat meresmikan dua puskesmas baru, di halaman Puskesmas 2 Karanganyar. Foto: rudy

BACA JUGA: Besok Asosiasi PSSI Wonosobo Dilantik di Pendopo Bupati

”Jadi tidak hanya gedungnya saja yang bagus, tapi SDM-nya juga harus bagus dalam melayani masyarakat. Untuk itu, saya minta kepada segenap jajaran tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Demak, khususnya yang berada dibawah naungan Puskesmas Karanganyar 2 dan Puskesmas Mranggen 3, untuk bisa meningkatkan kinerjanya,” imbau Wabup Joko.

Menurut dia, capaian pembangunan kesehatan merupakan salah satu komponen Indikator Pembangunan Manusia (IPM). Sebab kesehatan merupakan investasi jangka panjang dalam kaitannya, mendukung kualitas sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi yang kompetitif.

”Jika masyarakat kita sehat, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat. Terus tingkatkan semangat dan tingkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pesan dia.

BACA JUGA: Bandara Ngloram dan Jenderal Sudirman Tidak Melayani Pemudik saat Lebaran

Peresmian gedung baru ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati HM Natsir dan Wabup Joko Sutanto. Selanjutnya potongan tumpeng diserahkan kepada Kepala Puskesmas Karanganyar 2 dr Joko Purnomo Suko dan Kepala Puskesmas Mranggen 3 dr Haerudin.

Kepala Puskesmas Karanganyar 2 dr Joko Purnomo Suko mengungkapkan, adanya gedung baru ini, menjawab tuntutan masyarakat untuk terus meningkatkan pelayan kesehatan dengan lebih baik lagi.

”Dengan adanya pembangunan gedung baru ini, harus diimbangi dengan pelayanan yang lebih bagus lagi,” harap dia.

Dalam gedung baru itu, terdapat aula yang berada di lantai tiga dan dapat digunakan untuk pelatihan maupun kegiatan sosialisasi.

”Karena di lantai tiga terdapat aula, saya harap masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat,” tukas dia.

Rudy-Riyan