blank
Petugas patroli Polsek Buluspesantren dan Koramil memasang masker ke pemandu kuda wisata di Pantai Setrojenar, Kebumen selatan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Libur akhir pekan semakin banyak warga Kebumen rekreasi ke tempat wisata. Pantai Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, menjadi salah satu favorit wisatawan lokal.

Namun petugas patroli Polsek Buluspesantren dan Koramil seolah tak mau kecolongan dan berpatroli seraya mengimbau para pengunjung agar tetap menaati protokol kesehatan dan memakai masker.

Seperti  dilakukan petugas Polsek Buluspesantren bersama Koramil setempat, Sabtu pagi (13/3)  berpatroli menyisir Pantai Setrojenar sembari mengingatkan warga untuk mengenakan masker dan jangan berkerumun.

blank
Penjual makanan di Pantai Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, diminta memakai masker oleh petugas patroli Polsek dan Koramil.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman mengungkapkan, patroli sinergitas Polsek dan Koramil tersebut untuk mengingatkan warga  menaati protokol kesehatan 5 M. Yaitu memakai masker,m encuci tangan,menghindari kerumuan serta menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

“Melalui patroli Polsek dan Koramil, wisatawan kita ingatkan untuk mengenakan masker. Ada beberapa yang tidak memakai, kita tegur dan diberi masker oleh petugas,”jelas Iptu Tugiman.

Dari hasil pantauan yang dilakukan oleh Polsek Buluspesantren, warga yang berkunjung ke pantai cukup ramai dan tertib.  Hal ini tentu bagus untuk kembali memajukan perekonomian di lokasi wisata.

Pada kesempatan patroli itu pula petugas mengingatkan warga agar tidak mandi di pantai karena ombaknya cukup besar dan berbahaya. Apalagi diketahui gelombang pantai selatan Kebumen cukup besar dan sering menelan korban (wisatawan) yang nekat mandi di laut.

Saat berpatroli itu petugas juga menegur warga yang bermain air terlalu ke tengah. Mereka diminta untuk menepi dan jangan mandi di tepi laut. Sebab sering datang gelombang pasang yang tak diduga dan demi  keamanan dan keselamatan para pengunjung sebaiknya tak usah mandi.

Komper Wardopo